15 Okt 2012

Mau Beli Mobil Bekas, Pahami dulu Mesinnya


Sebelum membeli mobil bekas faktor utama yang perlu dicermati adalah mesin, apalagi mobil yang akan anda bawa pulang berumur lebih dari 5 tahun, sebelum anda membeli mobil bekas sebaiknya anda konsultasi dulu dengan yang ahli mesin, atau pahami hal-hal berikut:

1. Bahan Bakar
Dilihat dari sudut pandang bahan bakar yang dikonsumsi mesin ada 2 jenis mesin yaitu mesin bensin dan mesin diesel (solar), mesin bensin dipastikan deru mesinnya lebih halus karena memang proses ledakan di dapur pacu atau di dalam seker/piston/boring tidak sedasyat mobil diesel, berikut kelemahan dan kelebihannya:

a. Kelemahan Mesin Bensin
  • Konsumsi bahan bakar cenderung lebih boros
  • Mudah terbakar jika terjadi konsleting listrik (arus pendek) apalagi jika terjadi dekat dengan karburator/ sistem injeksi
  • Perawatannya harus lebih intensif apalagi mesin yang masih menggunakan sistem karburator, seperti busi dan karburatornya sendiri
  • Banyak faktor yang membuat mesin bensin tidak nyala
b. Kelemahan Mesin Diesel

  • Bunyi Mesin lebih nyaring
  • ada penyakit masuk angin, jika tangki kosong atau selang/filter solar kotor dan tersumbat, juga bisa diakibatkan selang/filter solar bocor
  • Tarikan Mesin agak lelet
  • Gas buang lebih banyak dan cenderung lebih hitam
  • Suku cadang cenderung lebih mahal
  • Biaya Pajak Lebih Mahal
c. Kelebihan Mesin Bensin
  • Tarikan cenderung lebih kencang
  • Bunyi Mesin lebih halus
  • Harga suku cadang lebih murah
  • Harga oli “Merek sama” lebih murah
d. Kelebihan Mesin Diesel
  • Konsumsi Bahan Bakar lebih irit
  • Perawatan cenderung lebih mudah
  • Saat masih aman memakai bahan bakar bersubsidi
2. Sistem Pengkabutan
Dari udut pandang pengkabutan mesin modern saat ini secara garis besar bisa kita bedakan ada 2 jenis, untuk mesin bensin sebelum tahun 2000-an banyak menggunakan karburator, baru setelah itu banyak produsen mobil beralih ke sistem injeksi, begitu juga untuk jenis mobil Diesel juga menggeluarkan jenis injeksi, secara garis besar kelebihan mesin injeksi penggunaan bahan bakar lebih efisien dan tarikannya mak nyuzzz…. cuma kalau ada kerusakan pada sistem injeksi anda harus membawa ke bangkel resminya dan cenderung lebih mahal…
Nah sekarang jika anda mau membeli mobil bekas perhatikan hal-hal berikut:

  1. Langkah pertama, harus cek nomer mesin dan cocokan dengan STNK dan BPKB, jika cocok perhatikan juga apakan nomer mesin itu masih asli atau tidak, karena belakangan ada sindikat yang bisa merubah nomer mesin, jngan kuatir buatan mereka sangat kentara dilihat dengan mata telanjang.

  2. buka kap mesin cek apakah ada rembesan oli disekitar Mesin, jika ada rembesan oli berarti ada kebocoran oli, perhatikan juga di sisi bawah mesin, mesin harus dalam keadaan bersih tidak ada oli sedikitpun, hindari hal ini karena berisiko besar.

  3. Waspadai Asap putih, baik mesin bensin atau mesin diesel, kalau gas ditarik keluar asap putik berarti ada oli yang ikut dalam pembakaran, ini haram hukumnya…

  4. Perhatikan ujung knalpot, untuk mesin bensin, jika bagian sisi dalam ujung knalpot hitam berarti sistem pembakarannya kurang sempurna, anda bisa memasukkan ujung jari kedalam lubang knalpot dan anda menemukan arang dan hitam, Dan perlu diwaspadai jika di ujung jari anda merasakan licin dan berminyak berarti ada oli dalam pembakaran, walau asap belum putih tetapi anda menemukan oli di ujung jari anda berarti hindari mobil seperti ini…

  5. Buka tutup radiator perhatikan airnya, radiator hanya berisi bahan air, artinya jika airnya berminyak, berarti air dan oli tercampur di dalam mesin, hal ini bisa terjadi karena beberapa hal… tinggalkan mobil seperti ini…

  6. Hidupkan mesin lalu buka tutup radiator, tarik gas dengan RPM tinggi, jika ada air diradiator nyemprot keluar dengan keras berarti mobil ini mengalami overhoul, hal ini disebabkan ada kebocoran udara dari piston melalui silinder kop, dan dipastikan mobil suhu mobil ini sangat tinggi dan lama-kelamaan bisa berakibat fatal.

  7. Hidupkan mesin lalu buka tutup radiator seperti diatas, tarika gas tinggi, perhatikan airnya, jika air tidak bergerak memutar berarti waterpump mesin ini tidak berfungsi dan juga berakibat overhoul…
kiosban.com
sudutpandang.info

Tips Merawat Cat Mobil atau Motor anda

Cat pada mobil adalah aspek yang penting karena merupakan daya tarik yang sensualitas, makin terjaga dan mengkilap cat mobil anda mencerminkan kepribadian pemiliknya. Bagi bro and sis terkadang kurang memperhatikan cat mobil, dampaknya mobil terlihat kusam dan kurang enak dipandang.

Cat mobil adalah bagian yang harus mempunyai perawatan ekstra karena, karena kondisi cat mobil sangat berpengaruh sekali terhadap harga mobil juragan, apalagi cat mobil juragan masih orisinal seyogyanya agan merawat dengan baik.

Menjaga cat mobil agar terlihat lebih mengkilap dan menjaganya agar tetap awet serta lebih lama memerlukan waktu dan tenaga serta menjaga kebiasaan dalam menggunakan mobil. baik itu ketika dalam mencuci, membersihkan mobil dan lain-lain.

Dalam beberapa kasus, cat mobil bisa saja beret, busam, tergores dan lain sebagainya disebabkan karena kelalaian sang pemilik mobil dalam menjaga cat mobil sehingga terkadang banyak orang rela membayar mahal untuk mengembalikan cat mobil mereka seperti semula.


Cara merawat mobil agar lebih awet dan terhindar dari berbagai kerusakan dini cat mobil sebetulnya mudah dilakukan bila sang pemilik mengikuti beberapa tips merawat cat mobil berikut ini, yaitu :
  1. Hindari sinar matahari, Sebisa mungkin hindarkan cat mobil dari sinar matahari langsung, Ketika mencuci mobil disarankan pagi hari atau sore hari dikala sinar matahari tidak terlalu menyengat.

  2. Pakaialah pencuci khusus mobil, Hindari pemakain deterjen untuk mencuci mobil dan gunakan pencuci khusus yang diperuntukkan memang untuk cat mobil bukan untuk pencuci piring, pakaian dan lain-lain.

  3. Bila memarkir mobil diluar sebisa mungkin carilah tempat yang teduh atau beratap untuk menghindari terik matahari langsung. Selain itu terhindar juga dari kotoran burung, hujan, dll yang secara langsung.

  4. Apabila terkena kotoran hewan, baik itu burung, kelelawar dan lain-lain. Sesegera mungkin dibersihkan dan dicuci sampai bersih. Jangan menunggu terlalu lama kalau tak ingin kotoran tersebut meresap ke dalam cat mobil dan membuat cat jadi rusak.

  5. Jika harus menggunakan pengkilap Cat, gunakan secara hati-hati, gunakan pengkilap khusus cat yang berbentuk cair saja yang mengandung zat wax…

  6. Jika Mobil anda terkena hujan dan kotor, begitu sampai dirumah langsung dicuci dengan air bersih, bisa juga menggunkan shampo khusus mobil, kalau juragan membiarkan dan menunda sampai keesokan harinya berarti kita membiarkan air hujan dan kotoran masuk ke pori-pori cat mobil juragan.

  7. Cucilah mobil anda secara teratur, bila mobil telah melewati genangan air biasanya akan meninggalkan noda membandel sebaiknya cepat mencucinya. Gunakan sabun cuci khusus mobil yang mengandung cairan melindungi cat mobil, jangan menggunakan deterjen karena bahan kimianya dapat merusak cat mobil.

  8. Hindari busa sabun yang menempel pada body mobil ketika sedang mencuci, karena efeknya akan meninggalkan noda/bercak pada cat mobil.

  9. Untuk proses terakhir selalu gunakan pemoles mobil untuk menjaga kilap cat mobil.
Untuk merawat cat mobil lebih awet tentu tergantung dari seberapa rutin anda membersihkan cat yang ada pada mobil anda. Sehingga paling tidak setiap hari selalu dijaga kebersihan cat mobil. Karena semakin lama membiarkan kotoran atau debu menempel di mobil menjadi salah satu penyebab utama rusaknya cat mobil.

sources:
sudutpandang.info
sayangmobil

1 Okt 2012

Hati-Hati Fitur Mobil Yang Bisa Membahayakan


Dua anak balita terjebak dalam sebuah mobil yang sedang diparkir di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, 15 Februari lalu. Satu anak bernama Abdul Rizal (3,5) tewas kehabisan udara, temannya, Jaka Saputra (5), ditemukan dalam keadaan kritis.

Terlepas dari masih misteriusnya bagaimana kedua anak tersebut bisa masuk ke dalam mobil yang terkunci, kejadian itu mengingatkan orang bahwa mobil bukanlah mainan yang bisa diperlakukan sembarangan.

Sayangnya, banyak pemilik dan pengguna mobil di Indonesia yang tidak mengenal mobil dan berbagai perlengkapan di dalamnya. Karena itu, jangankan menggunakan perlengkapan dengan benar, bahkan fungsinya pun masih banyak yang belum diketahui.

"Padahal, saat seseorang tidak tahu bagaimana menggunakan sebuah fitur safety dengan benar, fitur itu justru bisa membahayakan," kata Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting.

Dalam kaitannya dengan keselamatan berkendara untuk anak-anak, Jusri mengatakan, banyak perangkat keselamatan mobil yang dapat sangat berbahaya bagi anak-anak, bahkan bisa berakibat fatal.

"Jangan dikira mobil hanya berisiko bahaya saat berjalan, dalam kondisi berhenti pun bisa menimbulkan risiko," tuturnya.

Salah satu perangkat keselamatan yang khusus dibuat untuk melindungi anak kecil dalam mobil adalah kunci anak atau child lock. Pada saat kunci ini diaktifkan, pintu belakang tidak bisa dibuka dari dalam, bahkan dalam keadaan kunci utama tidak terkunci.

Kunci tambahan yang terletak di dinding pintu belakang mobil ini berfungsi mencegah anak kecil membuka pintu saat mobil berjalan. Masalah bisa timbul saat pemilik mobil atau pengemudilupa menon- aktifkan kunci ini saat meninggalkan mobil.

"Kalau masih ada anak di dalam, dia akan terkunci. Sementara anak mungkin tidak terpikir untuk membuka pintu depan," lanjut Jusri yang bergerak di bidang konsultan perilaku mengemudi sejak tahun 1984 ini.

Terkuncinya anak dalam mobil yang berhenti bisa membawa serangkaian risiko, bahkan mengakibatkan kematian pada anak. Mobil yang tertutup rapat pintu dan jendelanya dapat dikatakan menjadi ruang tanpa ventilasi udara.

Selain itu, bila mobil diparkir di bawah sinar matahari, suhu di dalam mobil menjadi sangat panas. "Semua itu membawa dampak fatal pada manusia, terutama anak kecil," ujarnya.

Bahkan, seandainya mesin dan sistem pendingin udara (AC) dalam kondisi menyala, risiko bahaya tetap ada. Bila terjadi kebocoran pada dinding mobil, gas beracun yang keluar dari knalpot akan masuk ke kabin mobil dan berputar-putar tanpa ventilasi.

"Gas CO dan CO>sub<2>res<>res< dari knalpot sifatnya sangat beracun," ungkap Jusri sambil menambahkan, pernah terjadi orang keracunan meski mobil dalam kondisi berjalan dengan AC menyala.

Untuk itu, Jusri menyarankan pemakai mobil yang relatif sudah berumur dan menunjukkan mulai ada kebocoran agar membuka kaca jendela sedikit meski AC dinyalakan. "Bukalah kaca jendela sedikit, selebar satu sentimeter. Ini cukup untuk sirkulasi udara," katanya.

Selain itu, saat melakukan perjalanan panjang, beristirahatlah secara rutin. Saat mobil berhenti, bukalah pintu dan jendela selebar- lebarnya untuk memberi kesempatan pertukaran udara.

"Disarankan setelah tiga jam pertama perjalanan, harus beristirahat. Selain untuk mengembalikan kondisi pengemudi, juga untuk sirkulasi udara," papar Jusri.

Namun, di atas segalanya, Jusri menegaskan, aturan dasar mencegah kecelakaan terhadap anak dalam mobil adalah jangan pernah membiarkan anak berada sendirian di dalam mobil.

"Saya tegaskan, jangan pernah meninggalkan anak sendirian tanpa pengawasan orang dewasa di dalam mobil. Meski untuk waktu singkat, misalnya mengambil uang di ATM atau ke mal,"tandasnya.

Sabuk pengaman

Peranti keselamatan lain dalam mobil yang bisa menimbulkan risiko adalah sabuk pengaman atau sabuk keselamatan. Peranti ini sangat penting dan harus dipakai pengemudi dan penumpang untuk menghindari cedera berat pada saat mobil membentur atau menabrak sesuatu.

Akan tetapi, bila penggunaannya tak benar, alat tersebut dapat membahayakan pemakai, terutama anak-anak. "Sabuk pengaman mobil didesain untuk orang dewasa dengan postur tubuh tertentu. Secara umum, desain sabuk pengaman standar memang tak cocok untuk anak- anak," tutur Jusri.

Ketinggian sabuk pengaman tak sesuai dengan postur anak kecil. Bila dipaksakan, sabuk pengaman akan melintang di leher anak. Jika terjadi benturan, sabuk tersebut justru akan mencekik si anak.

"Oleh sebab itu, anak bertinggi badan di bawah 120 sentimeter harus dilengkapi dengan kursi penopang atau booster seat. Dia harus duduk di kursi belakang," katanya.

Tujuan booster seat , agar posisi duduk anak sama tinggi dengan orang dewasa sehingga sabuk pengaman terpasang pada posisi yang benar dan tak berbahaya. Jusri mengungkapkan aturan 3R saat mengenakan sabuk pengaman, yakni rapat, rata, dan rendah.

"Rapat artinya sabuk terpasang pas di tubuh, jangan terlalu kencang jangan terlalu longgar. Rata maksudnya sabuk jangan dipakai dalam kondisi terlipat-lipat. Sedangkan rendah artinya sabuk harus dipakai di bawah pusar, tepat di pinggul. Kalau sabuk dipakai di atas pusar, dapat membahayakan perut saat terjadi benturan," paparnya.

Jusri juga mengingatkan agar para ibu tidak mengenakan sabuk pengaman bersama anak yang dipangku. "Sangat berbahaya mengenakan sabuk pengaman untuk berdua. Si anak yang dipangku bisa terjepit dan tercekik," lanjutnya.

Dengan segala risiko tersebut, sabuk pengaman adalah peranti keselamatan vital yang wajib dipakai pengendara dan penumpang mobil. "Bahkan ibu hamil pun harus tetap memakai sabuk pengaman!" ucapnya.

kompas
mazda.co.id

Tips Agar Kanvas Kopling Tidak Cepat Habis


Layaknya komponen lain, kanvas kopling juga mempunyai masa pakai. Semakin intens kanvas bekerja, semakin cepat tipis permukaannya. Bila sudah tipis, komponen penting dalam sistem penggerak kendaraan ini memang seharusnya kita ganti segera. Rata-rata, tiap 4 tahun sekali. Meski demikian, banyak pengendara yang harus mengganti kanvas kopling jauh lebih cepat dari yang seharusnya.

Selain masalah kualitas, kesalahan dalam gaya berkendara juga turut berperan disini. Sebagai pengendara, kita bisa sedikit memperpanjang usia kanvas kopling bila memperlakukannya secara tepat. Caranya?

Jangan sering-sering menginjak setengah kopling karena berefek terhadap keausan. Injakan yang nanggung seperti ini menempatkan kanvas kopling pada tingkat gesekan yang sangat keras yang mempercepat pengikisan. Kebiasaan ini masih sering dilakukan para pengendara. Terutama, di jalur padat dan saat menanjak. Mereka berargumentasi, dengan menginjak setengah kopling, maka mesin tidak akan mati. Hal ini lebih banyak menimbulkan kerugian.

Perhatikan saat melepas pedal kopling. Kanvas kopling akan jauh lebih awet apabila ketika melakukan perpindahan transmisi, kita tidak melepaskan pedal kopling secara menghentak. Lepaskan saja dengan perlahan-lahan. Dan yang ketiga, penggunaan gigi transmisi harus sesuai dengan kecepatan kendaraan. Jangan terbiasa menggunakan gigi tinggi bila kecepatan mobil rendah. Kebiasaan ini masih sering dilakukan pengendara. Misalnya, menggunakan gigi 4 pada saat kecepatan kendaraan hanya 20km/jam.

Sebagai bagian dari sistem penggerak kendaraan, kopling beserta kanvasnya menjadi komponen penghubung antara mesin dan penggerak roda. Ia bertugas meneruskan daya yang dihasilkan akibat putaran mesin ke penggerak roda. Sehingga penggerak roda mampu menggerakkan total beban kendaraan. Kanvas kopling akan lebih panjang usianya bila ditempatkan semata-mata sebagai penghubung bukan sebagai penahan beban kendaraan.

risqiario
mazda-indonesia.com

Apa dan Mengapa Mobil bisa Understeer dan Oversteer


Mungkin banyak dari kita yang sering dengar kata-kata "oversteer" dan "understeer". Berikut adalah deskripsi dasar dari apa arti istilah-istilah, dan sedikit teori tentang mengapa mobil bisa sampai oversteer atau understeer.

Gejala Understeer:

Mobil cenderung lurus, walaupun setir sudah dibelokkan. Biasa disebut selip lantaran daya cengkeram depan hilang. Kalau sudah begini—apalagi pengemudi panik—potensi celaka besar karena mobil nyelonong ke luar jalan.

Cara mengatasinya:
  • Segera perlambat laju kendaraan sampai daya cengkeram kembali.
  • Jangan menambah putaran setir atau mengerem.
  • Kurangai menekan pedal gas secara gradual.
  • Kurangi putaran setir.
Gejala Oversteer

Kebalikan dari understeer, ban belakang kehilangan cengkeraman. Akibatnya, bagian buritan mobil bergeser atau melintir. Penyebabnya, paling umum kita melakukan pengereman kala membelok. Saat itu, bobot pindah ke depan sehingga membuat daya cengkeraman ban belakang berkurang. Faktor lain karena memutar setir secara tiba-tiba. Bahayanya, mobil bisa tak terkendali dan menabrak sesuatu dari samping. Sementara itu, bagian samping tidak diproteksi sebaik depan atau belakang.

Cara mengatasinya:
  1. Jangan mengerem.
  2. Jangan memindahkan posisi tangan di setir.
  3. Lakukan counter-steer atau "membalas" setir dengan sigap, tapi tidak berlebihan.
  4. Kurangi tekanan pada pedal gas (untuk mobil berpenggerak roda belakang).
  5. Tambah injakan pedal secukupnya (untuk mobil gerak roda depan).
  6. Arahkan mata ke titik yang hendak dituju
  7. Bersiaplah mengembalikan setir ke posisi semula

sumber
 ericofhadin
google

Perlunya Menjaga Tekanan Angin Ban


Pentingnya menjaga tekanan angin pada Ban hal sepele tapi sering kali lupa...

Salah satu yang harus diperhatikan untuk merawat / memperpanjang usia pakai ban adalah Menjaga ukuran tekanan angin ban.

Disarankan untuk melihat tabel dan kapasitas tekanan angin yang sesuai dapat dilihat pada tulisan yang tertera pada ban. Tidak boleh lebih ataupun kurang.

Akibat kelebihan tekanan angin adalah :
  1. Lebih mudah rusak pada pemakajan jalan yang jelek.
  2. Jangan dikompensasikan karena muatan yang berlebih
  3. Dapat menyebabkan telapak lebih cepat habis/aus,berkurang sekitar 5% – 15%
  4. Dapat merusak casing.

Akibat Kekurangan Tekanan Angin adalah:
  1. Membuat ban menjadi lebih panas,berakibat :
    • Karet tidak lengket ke ply/benang(separation)
    • Casing menjadi rusak sehingga tidak bisa divulkanisir
  2. Membuat ban menjadi lebih panas dengan demikian jarak tempuh menjadi berkurang
  3. Konsumsi bahan bakar lebih boros

Sedangkan Point Penting dalam pemeliharaan Ban Ada 5 hal yang harus diperhatikan :
  1. Tekanan Angin
  2. Ketinggian Kembang/Bunga Ban
  3. Kerusakan Tread-Retak-Retak
  4. Lakukan Rotasi Ban
  5. Penyimpanan yang benar

Demikian sekilas tentang dampak efek kekurangan atau kelebihan tekanan angin terhadap ban.

sumber :
mazda-indonesia

29 Sep 2012

Testimoni Mantan Pemilik Opel Blazer



Brader sekalian, berikut ini testimoni seorang mantan pemilik si Kebo Blazer yang James Bons Dapatkan dari Serayamotor:

Hai.. hai.. kebetulan saya bekas pengguna blazer LT ’97 selama 2 tahun. Bahkan masih jadi anggotan BIC. Trus dijual untuk ganti ke Vitara gara-gara blazie nggak ada 4 WDnya. Testinya, Blazie, one of the best car in Indonesia. Kalo bicara masalah handling, safety, comfort (full leather bro!!!), memang blazer topnya, apalagi jalan jalan ke luar kota…. nggak ada yang ngalahin

AC, memang jadi masalah sendiri, kompressor merek harisson, punya sistem yang berbeda sama kompresor jepang, jadi tukang ac mending ganti daripada bongkar. tapi masalah itu diatasi dengan ganti satu set kompresor AC berserta asesorisnya pake denso ato sanden, ditanggung dingin, bisa dikerjain di bengkel ac di fatmawati (namanya lupa) kurang lebih 2,5 jt sampe 3 jt.

Engine, sejauh saya pake nggak pernah ada masalah sama sekali (sama sekali) hehehehe…. cuma service rutin, tune up, ganti oli dll, recommended di bengkelnya donnie di TB simatupang, best place to fix up your blazer. si donnie udah punya beberapa hasil modifikasi untuk mengatasi masalah-masalah yang biasa terjadi pada blazer, mulai lampu kurang terang, mesin panas, shockbreaker yang terlalu lembut, semua ada solusinya disana.

Other, sparepart mahal ? gak juga tuh. bisa dibandingin sama boi’l jepang lagian udah banyak subtitusi alias kw2. boros? gak juga, dibandikan dengan vitara 93 saya yang 1600 cc keduanya sama aja kok 1:7 hehehehe…
Sama kudu ati-ati sama yang namanya pengendara motor dan angkot kalo udah mulai deket-deket spion kita, spion blazer mudah sekali patah, trus gantinya juga lumayan mahal, walaupun bisa direpair sama donnie

Plus point : Gagah, mantap, kencang…., empuk… sistem rem ok banget, akuistik top abiss…

Minus point : aseleraksi lambat, harga jual drop (kalo mau jualan mobil), tidak semua bengkel mampu ngerjain nih blazer. sayang gak ada 4wd-nya (hiks… hiks…)

Pointnya semua mobil ada kelemahannya mulai dari bemo yang 5 juta sampai ferrari yang 4 M, namanya juga buatan manusia, cuma untuk harga yang ditawarkan, blazer memberikan lebih banyak dari yang anda bayarkan.

sumber
2brk

19 Sep 2012

Tips Jika Mesin Overheat


Proses mudik kerap menyajikan kondisi macet baik skala ringan maupun berat. Situasi dan kondisi tersebut, merupakan mimpi buruk bagi mobil yang kondisinya kurang fit. Masalah yang sering terjadi, suhu mesin terlalu tinggi (overheat). Jika terjadi, sudah pasti perjalanan jadi tidak lancar dan nyaman. Kondisi makin memusingkan karena belum banyak bengkel yang beroperasi.

Untuk itu, kami persembahkan tips dari Teddy Jusman dari SS Performance Shop sebagai antisipasi.

Tips berikut hanya berlaku bila terjadi kebocoran pada radiator atau sirkulasi air mampat dan motor kipas dalam kondisi lemah atau tidak bekerja sama sekali.

"Segera menepi dan dinginkan mesin ketika jarum temperatur berada pada posisi tiga perempat atau indikator suhu berkedip-kedip. Jangan paksakan mesin terus hidup karena akibatnya makin parah," beber Teddy.

Ditambahkan, jangan langsung membuka tutup radiator pada mesin karena bisa menimbulkan semburan air dan uap panas. Selalu gunakan lap basah untuk membukanya.

Bocor Halus
Jangan langsung mengisi air radiator dan biarkan lokasi bocor tersebut mengering. Lantas bersihkan dengan lap kering. Setelah itu gunakan lem besi untuk menambal lubang. Kalau sulit mendapatkan lem, bisa memakai sabun batangan. Caranya, gosok tempat yang bocor hingga tertutup sabun. Cara tersebut bisa meminimalisasi kebocoran.

Mampet
Jika tidak ada kebocoran, kemungkinan sirkulasi ari pendingini macet karena katup termostat ditutup oleh kotoran. Untuk mengatasinya, seluruh cairan pendingin dikurang. Untuk mobil yang tidak terlalu canggih, cukup dengan mencopot penutup lubang di bagian bawah radiator. Pengisian dilakukan dari lubang atas dan dilakukan sampai air tidak lagi berwarna coklat.

Kipas
Penyebabnya, motor kipas lemah bahkan mati. Untuk kondisi darurat, kelistrikan kipas bisa dihubungkan langsung ke baterai atau aki. Pada umumnya motor kipas punya 2 kabel dengan warna hitam dan biru atau hitam dan putih garis hitam. Potong kabel biru atau hitam dengan garis putih lalu sambung dengan kabel lain dan dihubungkan langsung ke terminal positif aki.

Ketiga langkah tersebut adalah penanggulangan sementara untuk mencapai bengkel terdekat. Untuk mengatasi Kebocoran slang, kerusakan pompa dan thermostat tidak berfungsi, sebaiknya diserahkan kepada mekanik yang sudah terlatih dan bisa dipercaya!


otomotif.kompas.com
Editor : Zulkifli BJ

Jam Rawan Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas


Menurut penelitian Automobile Association of South Africa (semacam Ikatan Motor Indonesia), ada masa-masa tertentu (waktu rawan) tingkat kewaspadaan pengemudi menurun. Itulah salah satu dari pangkal penyebab terjadinya kecelakaan. Dari hasil survei yang dilakukan asosiasi di Afrika Selatan itu, sedikitnya ada 4 waktu rawan yang harus menjadi perhatian pengemudi (pengendara) kendaraan.

1. Pagi dan Sore
Dua kondisi yang mempunyai intensitas berbeda. Kala pagi, biasanya emosi lebih tinggi karena dikejar waktu untuk sampai ke tempat kerja. Lebih bahaya kalau kurang tidur, jelas konsentrasi terganggu akibat ngantuk. Sedang sore, meski agak santai, tapi tingkat kelelahan cukup tinggi sehingga bisa menurunkan konsentrasi. Berusaha tetap rasional dan sabar menghadapi kedua kondisi tersebut.

2. Dini hari (02.00 - 04.00)
Merujuk studi, pada waktu ini, kecelakaan kerap terjadi akibat pengujung klub malam yang cenderung di bawah pengaruh alkohol. Tragisnya kecelakaan tersebut menyeret pengguna jalan lain yang tidak bersalah. Selain itu secara psikologis, rentang waktu tersebut menurut dr. Andri SpKJ, dosen FK Ukrida merupakan titik kritis manusia merasa lelah dan mengantuk.

3. Liburan Sekolah
Biasanya hal ini disebabkan euforia pengemudi dan penumpang sehingga tidak memperhatikan jalan. Silahkan saja jika ingin berkomunikasi dengan penumpang selama tidak menyita konsentrasi. Peringatkan pula jika penumpang melakukan aktivitas yang mengganggu kewaspadaan untuk keselamatan bersama.

4. Akhir minggu
Tidak selamanya melakukan rekreasi dengan keluarga membuat kita segar kembali. Ada kalanya dalam perjalanan pulang, kondisi badan cenderung letih, efek dari bermain bersama sanak keluarga. Makanya, sebagai pengemudi, atur waktu istirahat (kurangi bermain) agar badan dalam kondisi bugar.

otomotif.kompas.comEditor : Bastian

Kecelakaan Lalu Lintas, Apa Yang Harus Dilakukan?

Kendaraan penyok, jantung berdegup kencang, dan seketika sadar bahwa kita sedang terlibat kecelakaan. Kondisi seperti itu yang mungkin pernah dirasakan para pengguna jalan ketika mengalami kecelakaan. Tapi tak banyak yang tahu, langkah-langkah apa yang harus dilakukan?

Salah satu situs otomotif, Autoguide, memberikan panduan singkat yang dirangkum dari berbagai versi pendapat orang-orang yang pernah terlibat kecelakaan dan masih sanggup menyelamatkan diri. Panduan tersebut dikombinasikan dengan saran dari Kepala Sub Direktorat Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Kanton Pinem, saat berbincang dengan KompasOtomotif, beberapa waktu lalu. Berikut rangkumannya:
  1. Jangan panik. Pastikan kondisi semua yang ada di sekitar Anda. Mungkin anak atau istri, bahkan orang lain yang terlibat kecelakaan. Jika ada yang terluka, segera hubungi rumah sakit, atau minta bantuan warga sekitar, bahkan Kepolisian.

  2. Nyalakan lampu hazard, tanda bahwa Anda sedang mengalami masalah. Pinggirkan kendaraan di posisi yang aman dan beri tanda.

  3. Jangan tinggalkan TKP! Tunggulah Polisi jika harus bernegosiasi dan butuh penengah. Percayakan semua pada saran Polisi.

  4. Carilah saksi mata, dan catat nomor teleponnya, untuk mengantisipasi masalah di kemudian hari.

  5. Usahakan tidak saling menyalahkan. Berpikirlah dengan tenang dan tidak emosi. Gunakan saksi mata jika memang Anda merasa benar. Ini bisa membantu Anda berargumen ketika urusan dibawa ke Kepolisian.

  6. Dokumentasikan TKP dan beberapa kondisi yang perlu. Dengan kamera ponsel sudah cukup. Ini penting untuk menambah informasi sejumlah pihak seperti asuransi dan Kepolisian.

  7. Hati-hati dengan tawaran bantuan dari orang sekitar. Banyak orang yang memanfaatkan kondisi panik dengan mengambil keuntungan seperti mencopet, atau bahkan memereteli aksesoris dan menggondol barang yang ada di mobil

  8. Lain halnya jika emergency, dan mengharuskan Anda segera lari ke RS. Pegang satu saksi mata dan mintalah nomor teleponnya. "Urusan" dilakukan setelah kondisi darurat di RS mereda.

  9. Jika semua sudah teratasi, segera hubungi asuransi untuk segala keperluan perbaikan.
kompas.com
Editor : Bastian

Kelebihan Dan Kekurangan Filter Udara/Air Filter Racing Mobil

filter udara

FILTER UDARA/AIR FILTER RACING

FILTER UDARA MOBIL merupakan salah satu perangkat kendaraan yang memiliki peranan sangat penting dan memliki akses langsung dengan ruang bakar dalam mesin.

FILTER UDARA STANDAR mempunyai kinerja lebih dalam mencegah udara kotor masuk ke dalam ruang bakar. Namun disisi lain bagi anda yang ingin merasakan performa berbeda dari mobil anda maka pemilihan fiter udara harus tepat. Pada umumnya ada dua tipe pemakaian filter udara diantaranya yaitu sistem terbuka (open) dan sitem tertutup. Jika ingin mencari kualitas kebersihan daripada ruang bakar, pemakaian filter udara standar merupakan pilihan yang tepat, namun jika igin mencari sesuatu yang berbeda dari performa mobil anda maka bisa menggunakan filter udara replacement.(bang sobil)

FILTER UDARA RACING

Kelebihan :
  • Memiliki suply udara yang lebih banyak/besar
  • Bisa di bersihkan dengan menggunakan cairan khusus sehingga usia pakai lebih lama.
Kekurangan filter udara racing Tife terbuka :
  • Lebih cepat kotor
  • Panas mesin ikut masuk kedalam ruang bakar
  • Suara desis angin mengganggu kenyamanan berkendara
detikoto com

Tips Merawat Pompa Bensin/Fuelpump/Rotax Mobil Injection

pompa bensin/fuelpump/rotax

POMPA BENSIN/FUELPUMP/ROTAX MOBIL INJECTION “Para pengguna mobil bisa mencegah secara dini kerusakan sistem bahan bakar atau fuel pump,” ungkap Suwadji Wirjono, Direktur After Sales General Motors AutoWorld Indonesia. Berikut tips perawatan sistem bahan bakar yang direkomendasikannya.
  • Tangki Bahan Bakar.Bersihkan atau dikuras secara berkala, minimal 12 bulan sekali, untuk menghilangkan endapan air, sludge/lumpur, dan parafin.
  • Pompa Bahan Bakar. Strainer, saringan awal dibersihkan secara berkala, minimal 6 bulan sekali
  • Filter Bahan Bakar. Dibersihkan secara berkala setiap 15.000 km dan diganti setiap maksimum 30.000 km
  • Injector. Bersihkan dengan ‘Ultra Sonic Injector Cleaner’ secara berkala minimal 15.000 km

Suwardji juga mengingatkan pentingnya para pemilik mobil mengikuti ketentuan pabrik pembuat mobil dalam hal mengganti dan memasangnya. Seperti, memastikan kebersihan dan bebas kontaminasi pada sistem bahan bakar, penggunaan sekring yang sesuai. Selain itu tangki bahan bakar diusahakan minimal terisi 1/4, jangan sampai habis lalu diisi. Direkomendasikan agar minimum sehari dalam seminggu, mesin dihidupkan agar sistem bekerja.

dapurpacu.com

1 Jul 2012

Tips Pilih Head Unit Untuk Sound Quality


 Ketersediaan pasar akan sebuah perangkat sentral pengolah sistem audio atau head unit memang cukup beragam. Dalam sebuah aliran sound quality (SQ), head unit merupakan perangkat yang benar-benar harus diperhatikan terutama dalam masalah fitur sehingga memudahkan dalam proses tuning. Menurut Johny, installer dari Mega Audio, head unit untuk SQ harus memiliki tiga unsur yang saling berkaitan yaitu fitur Time Alignment, fitur Built-In Crossover dan fitur Equalizer.

Time Alignment (TA)
Posisi duduk yang cenderung berada disisi kanan membuat rambatan suara antara speaker kiri, kanan serta subwoofer mempunyai jarak yang berbeda. Maka dari itu, disinilah fitur TA atau time delay berfungsi untuk memperlambat sinyal audio yang dikeluarkan oleh speaker tertentu sehingga menjadi lebih simetris dan nyaman serta pas sampai ke telinga pendengar. TA juga difungsikan sebagai pengatur dimensi suara atau sering disebut staging.

Built-In Crossover
Crossover merupakan nilai plus untuk sebuah head unit terutama untuk sistem audio yang menggunakan active crossover. Fitur ini berfungsi mengatur pembagian frekuensi atau sering disebut cutting frequency yang tepat ke speaker. Perumpamaan, tweeter tidak didesain untuk mengeluarkan suara frekuensi rendah (bass) sehingga digunakanlah fitur crossover agar frekuensi rendah tersebut tidak masuk ke tweeter, begitu pula untuk speaker yang lain.

Equalizer (EQ)
Equalizer merupakan perangkat yang sangat membatu saat proses tuning SQ. Semakin banyak jumlah band pada head unit, semakin bagus pula kualitas head unit tersebut. Perangkat ini berfungsi sebagai pengkontrol gelombang frequency untuk mengatur sound instrument. Biasanya data digital pada equalizer berbentuk graphic dan parametric.
Secara mendasar, Johny menekankan ketiga fitur diatas sangat penting keberadaannya dalam head unit untuk sebuah car audio system yang mengusung konsep SQ. Pria berkacamata ini juga menambahkan sebagai alternatif memilh head unit jika dilihat dari jumlah channel atau RCA Output. “Pada head unit SQ yang mempunyai fitur TA terdapat pilihan 6 atau 8 channel. Jika 6 channel tersedia output untuk high, mid, dan low. Sementara untuk RCA output 8 channel, lebih komplit dan sangat cocok untuk bermain di 3-way tanpa harus membuat passive crossover.
BosMobil.com

Seputar Problem Opel Blazer

Tanya: Selain dari AC Compressor yg rusak bagian mana lagi yg umum nya rusak dan membuat AC ini jadi Panas ?

Jawab: Switch pengatur kecepatan blower AC; Evaporator; Kipas Condensor dan Kipas Radiator mesin.

Tanya: JIka di Modif menggunakan Product yg bukan Original, misalnya Denso atau lainnya, berapa kah perkiraan harganya, dan Component apa saja yg di ganti selain AC Compressor ?

Jawab: +/- 3 jt; Selang HP dan LP; Braket kompresor; tambah thermostat / pengatur suhu.

Tanya: Kenapa utk masuk ke Gigi 1, 2 dan Mundur susah sekali, seakan akan cluth syncromeshnya habis, tetapi utk gigi yg lain tidak ada masalah, ini terjadi pada saat mobil jalan, utk 1 and 2, Apakah bisa hanya di ganti syncromeshnya saja jika memang itu penyebabnya atau ada penyebab yg lain ? karena kalo cluth nya habis sepertinya tidak ada tanda2 Slip. kalo total overhaul berapa kah biasanya biayanya.

Jawab: Periksa dulu spesifikasi oli yang digunakan, kerusakan pada komponen transmisi jarang terjadi.

Tanya: Engine hanya akan mengeluarkan Asap putih jika pada rpm tinggi baik mobil diam maupun jalan, apa saja kira2 penyebabnya ? bagian mana saja yg perlu di check dan di ganti, jika minor repair berapa kisaran biayanya, jika Total Overhaul biasanya berapa Biayanya?

Jawab: Kemungkainan seal klep sudah bocor. minor OH sekitar 500 rb s/d 750 rb.

Tanya: dari manakah sumber suara yg timbul seperti berderit pada saat pedal kopling di injak, selain dari bushing tempat pedal tsb bergantung?

Jawab: Master kopling atas, biasanya ditambahkan grease sudah normal kembali.

Tanya: Apa penyebab Engine Rpm tiba2 Drop sampai mau mati enginenya saat kita pindah dari Gigi tinggi ke Gigi rendah maupun sebaliknya dengan melakukan accelerasi pedal gas yg cepat, seakan akan engine tidak mau di paksa diinjak Gas cepat2?

Jawab: Coba reset ECU nya dengan melepas kabel negatif aki / cabut sekring no. 9 selama 5 menit, setelah di pasang lagi pacu mobil dengan pindah gigi setiap 4000 rpm.
  • Segera bergabung ke milis \n blazer_montera@yahoogroups.com agar permasalahan Blazer anda selesai.
  • Segera gabung ke BIC agar anda menemukan saudara sesama pengguna Blazer.
    bic.or.id

    23 Jun 2012

    Pertamax Vs Premium: Pilih Sesuai Kompresi

    PERTAMINA
    Harga Pertamax dan Pertamax Plus melangit. Bagaimana pengguna kendaraan Pertamax, Perlu nggak ya… ‘turun derajat’ nenggak Premium? Apa sih kelebihan dan kekurangannya?

    Turun pangkat pakai Premium, tenaga pasti berkurang. Wajar, angka oktan keduanya beda. Pertamax dipatok 92-95. Sedang Premium di angka 82. Angka oktan menyatakan kandungan molekul iso oktan di bensin. Molekul ini yang menahan terjadinya ngelitik atau detonasi. Sehingga makin tinggi oktan, kuat terhadap kompresi tinggi. “Kompresi berbanding lurus dengan angka oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi,” jelas Colin Latung, konsultan perminyakan dari URS Indonesia. Kesesuaian angka oktan dengan kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik. “Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, piston akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar.”

    Artinya, mengubah penggunaan Premium tergantung kompresi motor. Dalam kondisi estede, lihat saja spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin pabrikan. Motor 4-tak lokal umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1. Bahkan, motor 4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1. “Kalau ingin tidak mengalami detonasi, turunkan kompresi. Ganjal head silinder dengan paking yang lebih tebal,”

    Konsekuensinya, tenaga motor akan melorot. Menurut Colin, tidak masalah. “Ini untuk penggunaan harian bukan balap,” tambahnya.
    Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif octane booster. “Penambahan itu tidak signifikan. Sebab, kandungan kimia octane seperti Metil Cyclo Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil (MMT) tidak akan besar mendongkrak angka oktan,” ungkap Colin.
    Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya, perbandingan kompresi lebih rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke Premium nggak masalah. Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan bakar dianjurkan menggunakan Premium. Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1. Data Premium beroktan 82-92. “Cukup menyuplai kebutuhan motor berkompresi 7:1-9:1,” jelas Freddyanto Basuki, assistant manager service division, PT Kawasaki Motor Indonesia.
    Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum
    bebas timbel (luar Jabotabek).

    OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH

    Angka oktan bensin yang beredar di Indonesia menurut Colin Latung lebih rendah dibanding dengan sejenis di negara lain. Sebab, kita menganut Research Octane Number (RON). Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia menganut Pump Octane Number (POM). “Angka POM didapat dari penjumlahan RON dan MON (Motor Octane Number). Hasilnya dibagi dua,” jelas Colin.
    Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax dikonversikan ke POM sudah pasti angkanya turun. “Jadi kualitas bahan bakar kita memang tidak baik,” tambah Colin.
    Kurtubi, pengamat bahan bakar yang juga bekerja di PT Pertamina ngasih solusi. Kompetisi penyuplai bahan bakar minyak harus dibuka. “Pemerintah harus membuka keran pemain baru. Di sisi lain, rakyat harus tetap dilindungi. Harga tidak diserahkan ke pasar, tapi ditentukan oleh pemerintah,” jelas Staf Pengajar Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonsia ini.

    TES PREMIUM DAN PERTAMAX

    Rasio kompresi motor, sangat menentukan dalam pemilihan bahan bakar. Em-Plus coba ngetes motor kompresi tinggi diberi perlakuan beda. Seperti Suzuki Satria F150 kompresinya 10,2 : 1. Pertama tes diisi Pertamax. Kemudian digeber keliling Jakarta pas jam macet. Dari pukul 15:50-16:30.
    Kondisi berboncengan. Pengendara 70 kg dan boncenger 60 kg. Hasilnya mencapai jarak tempuh 64 km. Menghabiskan Pertamax 2.100 cc, atau 2 liter lebih 100 cc. Berarti bisa dicari pemakaian BBM-nya. Sekitar 30,5 km/liter.
    Perlakuan kedua diisi Premium. Tentu setelah tangki dikuras. Dites sendirian alias tanpa boncenger. Berat pengendara 65 kg. Dites di Jakarta sekitar jam 10 pagi

    Kesimpulanya, Pertamax lebih irit meski dengan beban berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga gede. Beda dengan pakai Premium. Gas harus dipelintir abis mulu. Sehingga boros.

    Perbandingan Angka Oktan dan Kompresi

    Pertamax Plus
    Oktan= 95
    Kompresi= 10:1 – 11:1
    Pertamax
    Oktan= 92
    Kompresi= 9:1 – 10:1
    Premium
    Oktan= 82
    Kompresi= 7:1 – 9:1

     MotoRcycLe

    Premium Campur Pertamax Plus

    Dengan ditundanya kenaikan harga BBM, rakyat Indonesia dapat bernafas dengan lega. Namun cepat atau lambat harga BBM akan naik mengikuti perkembangan harga minyak mentah dunia. Untuk mencegah membengkaknya jumlah subsidi untuk bahan bakar minyak, muncullah ide premium campur pertamax. Ide untuk mencampur premium dengan pertamax ini dilontarkan oleh beberapa pejabat negara dan petinggi Pertamina.

    Widjajono Partowidagdo, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral melontarkan gagasan agar Pertamina memproduksi premix. Premix tidak lain adalah premium campur pertamax. Rencananya bahan bakar beroktan 90 ini akan dijual dengan harga Rp. 7.200,- per liter. Namun untuk merealisasikan rencana ini masih diperlukan persetujuan DPR.

    Ketimbang mencampur premium dengan pertamax, akan lebih baik bila premium dicampur dengan pertamax plus. Karena angka oktan pertamax plus adalah 95, sehingga lebih tinggi dibanding pertamax yang hanya 92. Selain itu, selisih harga antara pertamax dengan pertamax plus hanya beberapa ratus rupiah.

    Berikut ini harga dan angka oktan ketiga bahan bakar tersebut:

    Premium dengan angka oktan 88 seharga Rp. 4.500,-.
    Pertamax dengan angka oktan 92 seharga Rp. 10.200,-.
    Pertamax Plus dengan angka oktan 95 seharga Rp. 10.500,-.

    Apabila kita mencampur Premium dengan Pertamax dengan perbandingan 1:1, maka akan dihasilkan bahan bakar dengan angka oktan 90 dengan harga Rp. 7.350,- per liter. Premium campur Pertamax inilah yang oleh beberapa pengusul disebut sebagai Premix. Sebenarnya masih ada campuran yang lebih baik dibanding Premix, yaitu Premium campur Pertamax Plus. Bahan bakar ini adalah campuran antara Premium dengan Pertamax Plus dengan perbandingan 1:1. Dari Premium campur Pertamax Plus ini, akan diperoleh bahan bakar dengan angka oktan 91,5 dan harga Rp. 7.500,- per liter.

    Bayangkan! Dengan Premium campur Pertamax Plus kita akan mendapatkan bahan bakar yang kualitasnya hampir sama dengan Pertamax namun dengan harga yang jauh lebih murah. Lalu mengapa para petinggi itu malah mengusulkan Premix yang angka oktannya lebih rendah dibanding Premium campur Pertamax Plus? Biarlah angin yang menjawabnya.

    Sebenarnya kita dapat mengoplos sendiri Premium campur Pertamax Plus ini. Misalnya bila Anda ingin mengisi bahan bakar sebanyak 20 liter, maka Anda dapat mengisi Premium sebanyak 10 liter ditambah Pertamax Plus sebanyak 10 liter. Sehingga total biayanya adalah Rp. 45.000,- + Rp. 105.000,- = Rp. 150.000,-. Angka ini tentu jauh lebih murah dibanding membeli Pertamax yang biayanya menjadi 20 x Rp. 10.200,- = Rp. 204.000,-.

    Apakah campuran ini aman bagi kendaraan? Saya sudah menjelajahi beberapa forum, dan semuanya mengatakan Premium campur Pertamax Plus aman bagi kendaraan karena bahan dasar Premium sama dengan bahan dasar Pertamax.

    Lalu apakah Premium campur Pertamax Plus legal? Hingga saat ini (6 April 2012) tidak ada satupun peraturan perundang-undangan yang melarang masyarakat umum untuk melakukannya.
     Wibowo Tunardy

    Komparasi Premium VS Pertamax, Hitung Jarak dan Harga

    Rencana menaikkan harga BBM bersubsidi alias Premium jadi Rp 6.000 memang diundur, tapi masih relevan nggak ya kita tetap menggunakan Premium untuk motor kesayangan? Sebab dengan perbedaan harga yang makin kecil antara BBM bersubsidi dan non subsidi terutama Pertamax, secara ekonomis bisa langsung membandingkan antara jarak tempuh yang dicapai oleh masing-masing jenis BBM ini.

    Untuk itu, MOTOR Plus coba mengkomparasi jarak yang ditempuh jenis BBM Premium, Pertamax dan Pertamax Plus. Agar data didapat lebih akurat, komparasi dilakukan pada satu motor, jenis dan merek sama. Satu skubek karburator disiapkan.


    Perbandingan harga dan jarak tempuh

    Biar pengukuran lebih presisi, tampungan bahan bakar untuk suplai ke karburator menggunakan tabung infus. Pasokan bahan bakar ke karburator dibypass langsung dari tabung infus dengan bahan bakar yang telah ditentukan. Kemudian sisa bahan bakar di karburator pun dikosongkan terlebih dahulu. Untuk mengukur banyaknya bahan bakar, alatnya dipakai gelas ukur.

    Dalam pengujian kecepatan dibatasi tidak lebih 50 km/jam. Metode pengetesan melewati tahap atau proses stop and go pula. Artinya motor sesuai dengan peruntukan harian atau normal. Pengendara yang bertugas sama, tinggi 172cm dengan bobot 65 kg.

    Tes pertama dilakukan dengan menggunakan Premium. Setelah pengujian dilakukan dua kali pengetesan didapat jarak tempuh dengan menggunakan Premium sejauh 43 km per liter.

     Tiga jenis BB, Pertamina dites, Dari gelas ukur dituang ke tabung biar presisi 

    Langkah metode dan cara bawa masih sama dan lokasi yang sama dilakukan untuk jenis Pertamax. Hasilnya jarak tempuh skubek 48 km per liter. Tentunya dengan kecepatan rata-rata motor masih tetep konstan di 50 km/jam.

    Terakhir pengujian dilakukan dengan menggunakan BBM jenis Pertamax Plus. Didapat hasil jarak tempuh kendaraan sejauh 50 km per liter.

    Kesimpulannya dari semua bahan bakar yang diuji, Premium lebih pendek 7 km lebih banyak dibanding Pertamax Plus atau 16 persen lebih pendek. Sedangkan dibanding Pertamax, Premium lebih pendek 5 km atau 11,6 persen.

    Jika dihitung secara harga 1 liter premium dengan harga yang akan datang diperkirakan Rp 6.000 atau lebih murah Rp 3.350 atau sekitar 55,8 persen dibanding Pertamax. Dan lebih murah Rp 3.850 atau sekitar 64 persen dibanding Pertamax Plus. (Harga per 21 Maret 2012).

    So, jika melihat hasil perbandingan ini memang masih tetap hemat Premium. Terlepas dari hasil pengujian, data di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih dan menggunakan jenis bahan bakar. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter kendaraan.

     (motorplus-online.com)

    PERBANDINGAN KONSUMSI BBM CDI dengan PLATINA :

    Perbandingan konsumsi bahan bakar (BBM) antara sistem pengapian konvensional (platina) dan sistem pengapian elektronik (CDI) lebih irit yang mana?

    Sebenarnya untuk konsumsi bahan bakar antara platina dan cdi adalah sama, cuma untuk platina ada perubahan fisik yang mengakibatkan sistem pengapian berubah (karena masih bekerja secara mekanis) dan berimbas tarikan kurang dan kita cenderung menginjak pedal gas agar mobil melaju lebih kencang dengan seting platina yang sudah berubah walhasil konsumsi bahan bakar menjadi meningkat dan jadi boros.

    Sebagai gambaran bisa kita perhatikan diagram pada gambar, Untuk konsumsi bahan bakar sistem pengapian CDI akan stabil selamanya, tetapi pada sistem pengapian platina dengan adanya gesekan dan keausan pada ebonit dengan as delco akan menjadikan setelan platina berubah ditambah lagi kondisi as delco yang sudah aus, tentu akan mengakibatkan perubahan celah platina semakin sempit. Dengan adanya perubahan celah platina secara otomatis akan berpengaruh terhadap maju mundur timing pengapian. Sehingga semakin lama pada sistem platina mengakibatkan konsumsi bahan bakar bertambah boros dan tenaga berkurang. misal konsumsi bbm mesin 1:13, pada sistem pengapian CDI akan stabil 1:13 dari waktu ke waktu, tetapi untuk sistem pengapian platina akan berubah menjadi boros pada setiap bulannya (tergantung pemakaian dan mekanisme delco) ditambah dengan kodisi fisik permukaan platina yang seringkali gompal dan berlubang.

    Sehingga CDI tidak bisa bikin bahan bakar irit, cuma bikin konsumsi bahan bakar stabil dari waktu ke waktu tidak seperti platina yang berubah jadi boros dari waktu ke waktu.

    Jadi kita bisa memahami Irit Manakah Konsumsi BBM Antar Sistem Pengapian Platina dan CDI?
    FAKTA : semua mobil dan motor keluaran terbaru sudah tidak ada yang menggunakan teknologi platina pada sistem pengapiannya

    cdi-platina

    12 Mei 2012

    Kenapa Pasta Gigi Disebut Odol


    Pernahkan terbersit dalam pikiran Anda mengapa pasta gigi yang kita pakai setiap hari dinamakan ’odol’? Inilah jawabannya. Dia berasal dari merk pasta gigi bernama ’Odol’ yang amat tersohor di zaman dahulu, termasuk di tanah air kita yang kala itu masih di bawah penjajahan Belanda. Pasta gigi dengan wadah berwarna biru muda mampu menggeser pemakaian tumbukan batu-bata dan bubuk buah pinang (areca nut) yang kala itu masih banyak digunakan penduduk kita untuk menggosok gigi.

    Seperti layaknya dengan istilah-istilah bahasa Belanda lainnya, masyarakat kesulitan untuk mengucapkan kata tandpasta (tand = gigi) ini. Alhasil, diambillah jalan termudah dengan menyebut nama merknya, yaitu ’odol’.


    Pada gambar terlihat dua contoh iklan zaman baheula pasta gigi ’Odol’ ini. Iklan yang di sebelah kiri bertuliskan Mooi Tanden yang bermakna ’gigi geligi yang indah’, sedangkan iklan kuno di sebelah kanan bertuliskan zahnpasta yang merupakan kata bahasa Jerman dengan makna yang sama.


    Ya, nampaknya ’Odol’ ini diproduksi di Jerman, tetapi berbeda dengan di Indonesia yang sudah lama tidak beredar lagi, di negara asalnya hingga saat ini pasta gigi ’Odol’ ini masih tetap eksis. Bahkan pasta gigi ’Odol’ ini juga dipasarkan di kawasan negara-negara Eropa seperti Ceko, Hungaria, Belanda dan sebagainya.

    Pasta gigi ’Odol’ sudah berpuluh tahun yang lalu hilang dari peredaran di negeri kita, namun dia meninggalkan warisan kata yang masih digunakan hingga saat ini yaitu ’odol’.
    unikbaca.blogspot.com

    27 Mar 2012

    Tips Untuk Perawatan AC Mobil

    Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar kalau AC macet/rusak atau tidak dingin, keadaan pun menjadi serba salah kaca jendela kalau dibuka, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap, gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:
    1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.

    2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor AC.

    3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

    4. Periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah berputar bila AC dinyalakankan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor ACrusak atau selang highpress bisa meledak.

    5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator AC/Cooling Coil Unit karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk dihilangkan.

    6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

    7. Sebelum menyalakan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda.

    8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit diperoleh di pasaran).

    9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi.

    10. Lakukan perawatan rutin AC. Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kurasCondensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.bila terserap evaporator dapat mengakibatkan kerusakan evaporator.

    arisandidelta75

    Perbedaan DOHC dan SOHC (2)

    DOHC adalah Double OverHead Camshaft artinya dalam satu silinder terdapat 2 poros bubungan (cam/kem/noken as)

    Noken asnya dua buah, masing-masing untuk valve masuk dan satu lagi untuk valve buang. Untuk mobil lama, tetap 2 buah valve walaupun dua noken as.Contoh Fiat 125.Untuk mobil baru dipasang 4 valve satu silinder misal toyota twincam.

    Sekarang ada 2 camshaft per header. Jadi dalam sebuah inline ada 2 camshaft karena hanya ada satu header, tapi ada 4 di mesin V-tipe atau datar. Ini mesin DOHC biasanya memiliki 4 katup. Salah satu camshaft untuk valve buang dan yang lainnya untuk valve intake.

    SOHC singkatan dari Single OverHead Camshaft artinya dalam satu silinder terdapat 1 poros bubungan (cam/kem/noken as).


    Mesin dengan noken as satu buah untuk menggerakkan valve masuk dan valve buang. Mobil sekarangtidap silinder dapat dipasang 2 valve masuk dan 2 valve buang walaupun camshaftnya satu. cotoh Espass.Itu berarti bahwa hanya ada satu camshaft per header. Mesin inline akan berisi satu camshaft. V-jenis dan / atau flat akan berisi 2 camshaft. Untuk mesin SOHC biasanya ada 2 valve per silinder tapi bisa lebih dengan penambahan Cams untuk setiap valve.

    cara kerja mesin SOHC

    DOHC sebagai alternatif terhadap tipe mesin SOHC. Layout mesin ini menggunakan dua kem (noken as) pada blok mesin atas. Ini juga berarti bahwa pada mesin DOHC V terdapat 4 camshafts karena terdapat dua blok atas mesin yang mempermudah pabrikan menerapkan 4 klep per silinder. Kebanyakan DOHC juga mendatangkan kitiran mesin (RPM) yang lebih tinggi.

    Letak klep yang lebih baik mengoptimalkan setup yang memaksimalkan pula performa mesin. Namun kekurangannya, berat akan bertambah, lebih mahal, dan lebih rumit. Pun lebih banyak parts untuk memutar dua kem.

    Alasan utama menggunakan DOHC guna menambah lebih banyak klep pada setiap silinder. (Namun) jika SOHC memungkinkan penggunaan 4 valves per silinder (seperti pada MX atau Thundy 250), maka DOHC bukan lagi segalanya. Apalagi dengan bobotnya yang lebih berat.

    Singkatnya, SOHC 16 valve memiliki torsi lebih baik pada putaran rendah karena lebih ringan (memutar mesin) dan sebaliknya DOHC menghasilkan torsi lebih rendah karena lebih berat. Namun pada pada kecepatan tinggi, torsi mesin DOHC 16 valve akan lebih baik. Itulah untung-ruginya. Bila jumlah klepnya sama, SOHC memiliki low-end torque lebih baik sementara DOHC memiliki top-end power lebih tinggi.

    Keuntungan lain, DOHC lebih mudah menerapkan tenologi variable valve timing (VVT) dan lebih gampang ditune-up. Jika anda bermaksud menggunakan kem yang berprofil racing pada DOHC, profil lobe dapat lebih dioptimalkan karena lebih mudah mengutak-atiknya dalam keadaan terpisah.
    cara kerja mesin DOHC
    Keuntungan memiliki mesin DOHC dari SOHC adalah mesin ini memiliki dua kali lebih banyak intake dan exhaust valve sebagai motor SOHC. Hal ini membuat mesin bekerja dengan lebih dingin dan lebih lancar, tenang, dan efisien. Namun kekurangan mesin DOHC adl biaya mahal utk perbaikan. pastikan Anda mengubah timing belt mesin setiap 96.000 KM

    DOHC dan SOHC dibedakan berdasarkan jumlah pasang overhead camshaft pada tiap silinder. Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan DOHC dan SOHC, perlu diketahui terlebih dahulu konsep internal combustion engine atau mesin yang memiliki karakter terjadinya pembakaran di dalam mesin itu sendiri, dalam hal ini terjadi di silinder.

    Konsepnya adalah, makin banyak bahan bakar dan udara yang masuk untuk dibakar, semakin besar power yang dihasilkan mesin. Sebaliknya, semakin sedikit bahan bakar dan udara yang dibakar, semakin kecil power yang dihasilkan. Dalam hal ini, DOHC yang memiliki jumlah dua pasang overhead camshaft tiap silinder (sepasang lebih banyak daripada SOHC), memiliki kemampuan memasukkan bahan bakar dan udara lebih banyak daripada SOHC, artinya mesin DOHC menghasilkan power yang lebih besar dari mesin SOHC. Sebagai konsekuensinya, mesin DOHC akan lebih boros karena asupan bahan bakar lebih banyak daripada mesin SOHC. Jadi dapat dikatakan dengan suatu istilah, “DOHC means power, SOHC means economic”.

    Biasanya mesin DOHC lebih mahal harganya karena membutuhkan jumlah part yang lebih banyak daripada SOHC yaitu lebih banyak overhead camshaft dan lebih banyak valve. Selain itu, jumlah overhead camshaft yang lebih banyak membutuhkan power yang lebih banyak juga untuk menggerakkannya. Hal ini akan mengurangi power yang dihasilkan dari mesin itu sendiri walaupun tidak terlalu banyak. Jadi power yang dihasilkan oleh mesin akan terpakai sedikit untuk menggerakkan part yang lebih banyak pada mesin DOHC walaupun tidak signifikan
    Mengapa perlu lebih banyak klep? Mengapa anda tidak membuat masing-masing satu klep isap dan buang saja? Tentu tidak. Klep yang lebih besar akan lebih berat dan akan sangat sulit mengontrolnya pada putaran mesin yang tinggi. Per klep harus lebih kaku yang berarti pula dibutuhkan energi ekstra untuk menahan tekanan (gerak) klep. Percuma saja, bukan!
    Juga pada kitiran mesin rendah, maka kecepatan isap klep besar menjadi lebih rendah. Sederhananya begini: daya tekanan pada lubang yang besar pasti lebih kecil dari pada lubang yang lebih kecil. Karena kecepatan isap menurun, torsi rendah dan gerakan mesin juga melemah.

    Sekalipun dua klep yang lebih kecil akan seberat 1 klep besar, dan dengan tambahan pelatuk klep (rocker arm) dan per yang berarti sedikit lebih berat, namun semua itu tidak ada artinya dibanding menurunnya beban yang harus ditanggung pada proses buka-tutup klep. Jadi, lebih banyak klep per silinder lebih menguntungkan?

    Mari bandingkan Nissan VG30E versus a VG30DE. Keduanya 3.000cc dengan electronic fuel injection, namun yang satu SOHC 2 klep dan yang terakhir DOHC 4 klep per silinder.

    Perhatikan diagram-diagram di bawah ini. Lihatlah RPM-nya sama saja pada putaran rendah, namun 2 klep per silinder telah mencapai puncaknya dan harus ganti gigi, sementara twincam 4 klep per silinder terus menambah tenaga pada puncak powerband-nya. Powerband (sebaran tenaga)-nya juga lebih lama. Tapi ingat, grafik ini untuk menentukan beda 2-valve dan 4-valves, bukan untuk membandingkan SOHC vs DOHC.

    Kesimpulannya, SOHC memiliki torsi putaran bawah lebih baik, sementara DOHC sebaliknya (tenaga puncak dan lama waktu sebaran tenaga maksimal). 4 klep per silinder lebih baik dari 2 klep per silinder, entah 4 klep itu dipanceng pada SOHC ataukah DOHC.

    matabumi.com
    dan sumber lainnya

    Mengenal Spesifikasi Oli dan Peruntukannya

    SAE (Society of Automotive Engineers)

    Tingkat kekentalan oli yang juga disebut "VISKOSITY-GRADE" adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers.

    Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 50 atau SAE 20W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut. Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 20W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 20 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.

    Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.

    API ((American Petroleum Institute)
    Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API SL, kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern.

    SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
    SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
    SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 – Sampai sekarang)

    Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau diesel, peralatan industri, dan sebagainya. Untuk memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API Service (American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles), dan lain-lain yaitu acuan untuk kerja (performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh lembaga independen industri pelumas international.

    Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya. Oli mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin).

    Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2 berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna. Oli synthetic tidak disarankan untuk mesin yang berteknologi lama dimana celah antar part biasanya sangat besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.

    julian3tkj1.blogspot

    Tips Mengganti Sendiri Oli Mesin Mobil Anda

    Walaupun sebenarnya mengganti oli mesin mobil anda adalah proses yang mudah, banyak orang lebih suka pergi ke bengkel untuk menggantinya. Berikut ini adalah beberapa tips bagi mereka yang ingin menghemat sedikit waktu dan biaya, dengan mengganti oli mesin mobil sendiri.

    Langkah Persiapan
    1. Tempatkan mobil Anda pada permukaan yang benar-benar datar.
    2. Mobil harus benar-benar dalam kondisi berhenti (tak bergerak). Kalau perlu, gunakan jack stands untuk menahan body mobil.
    3. Jack stands harus selalu terpasang saat mobil diangkat dengan dongkrak. Jangan berada di bawah mobil jika mobil masih dalam kondisi didongkrak.
    4. Selalu gunakan sarung tangan yang berbahan tebal dan anti panas saat mengganti oli mesin, untuk menghindari katup penutup oli yang panas.

    Peralatan Yang Dibutuhkan

    1. Buku panduan. Ini sangat penting untuk bisa mengetahui informasi tentang jenis oli mesin dan berapa banyak takaran yang dibutuhkan mesin mobil Anda
    2. Oli mesin mobil
    3. Mangkuk penampung oli bekas
    4. Filter oli baru
    5. Kunci filter oli
    6. Kunci pembuka bergigi
    7. Sarung tangan
    8. Seperangkat kunci baut
    9. Lap
    10. Corong
    11. Dua buah jack stands atau penyangga body mobil
    12. Dongkrak

    Mengganti Oli

    1. Saat kita mempersiapkan peralatan untuk mengganti oli mesin, biarkan mesin mobil menyala selama kurang lebih 10 detik, sebelum mulai mengganti oli. Kemudian, tempatkan mobil Anda pada permukaan yang datar dan pasanglah hand-rem atau rem tangannya.
    2. Letakkan dongkrak di atas permukaan yang keras dan sekiranya mampu menopang body mobil.
    3. Dongkraklah bagian depan mobil dengan hati-hati. Kalau perlu, masukkan gigi satu untuk mobil-mobil yang bertransmisi manual. Atau lebih meyakinkan lagi, ganjallah ban belakang mobil dengan batu.
    4. Lihatlah pada buku manual, dimana letak katup untuk membuang oli. Biasanya itu terletak di bagian depan-tengah-bawah dari mobil.
    5. Pastikan mangkuk penampung oli bekas berada di bawah katup pembuang oli, sebelum membuka katup tersebut. Dengan menggunakan kunci pembuka, bukalah katup tersebut searah dengan jarum jam (jika Anda membukanya dari atas). Hati-hati, bisa jadi suhu oli masih panas.
    6. Biarkan oli keluar hingga benar-benar habis, sementara bersihkan katup pembuangan oli tersebut, serta bukalah katup untuk memasukkan oli yang baru. Setelah itu pasanglah kembali katup pembuangan, kencangkan dengan wajar (jangan terlalu kencang).
    7. Gantilah oli filter yang lama dengan yang baru. Periksa seal dari filter dan tambahkan lapisan film baru yang tebal untuk melapisi seal. Kemudian pasanglah filter oli yang baru dan kencangkan dengan tangan.
    8. Setelah filter baru terpasang, bukalah tutup oli mesin, masukkan corong dan tuangkan oli mesin yang baru, sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan pada buku panduan. Setelah takaran terpenuhi, tutuplah kembali tutup oli dan bersihkan tumpahan oli di sekitar lubang tersebut.
    9. Hidupkan mobil dan biarkan mesin menyala beberapa saat. Kemudian periksalah ketinggian oli dengan tongkat ukur (sudah terpasan di atas mesin) dan tambahkan oli lagi jika diperlukan.
    10. Periksalah kemungkinan kebocoran di saluran pembuangan oli dan filter oli yang baru. Jika ada, kencangkan hingga tak terlihat rembesan oli. Sebagai tambahan, jika Anda selalu menambahkan oli untuk mendapatkan takaran yang pas, berarti ada kebocoran oli pada mesin. Maka Anda harus segera memeriksa letak kebocorannya. Atau segeralah menghubungi bengkel yang terdekat.

    Perhatikan tanggal penggantian oli tersebut dan jarak tempuh mobil Anda. Oli sebaiknya diganti tiap 3000 km, atau tiap tiga bulan sekali, jika Anda tak terlalu sering dan tak jauh mengendarainya. Penggantian oli yang terlambat akan berakibat pada mudah naiknya temperatur mesin dan bunyi mesin yang kasar.

    Saat mengganti oli, sebaiknya Anda juga memeriksa juga bagian mobil lainnya yang mengandung cairan, seperti pendingin, power steering, transmisi dan juga rem. Siapa tahu diperlukan penambahan cairan atau oli rem, sehingga Anda juga bisa mengontrolnya. Nah, selamat mencoba.

    Anak TKJ suka dunia OTO

    Perbedaan VVT-I Atau VTEC

     di Indonesia mobil–mobil baru banyak menggunakan mesin dengan sistem penggerak katup, VVT-I, VTEC, valvetronik atau vanos. Toyota umumnya menamai mesinya VVT-I. Sedangkan Honda menamainya VTEC. VVT-i Sistim VVT-i (Variable Valve Timing – Intelligent) merupakan serangkaian peranti untuk mengontrol penggerak camshaft.

     Maksudnya adalah menyesuaikan waktu bukaan katup dengan kondisi mesin. Sehingga bisa didapat torsi optimal di setiap tingkat kecepatan. Sekaligus menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Pada mesin Toyota, sistim ini diaplikasikan pada katup masuk. Waktu bukaan camshaft bisa bervariasi pada rentang 60 derajat. Misalnya, pada saat start, kondisi mesin dingin dan mesin stasioner tanpa beban, timing dimundurkan 30 derajat.

    Cara ini bakal menghilangkan overlap. Yaitu peristiwa membukanya katup masuk dan buang secara bersamaan di akhir langkah pembuangan karena katup masuk baru akan membuka beberapa saat setelah katup buang menutup penuh. Logikanya, pada kondisi ini mesin tak perlu bekerja ekstra. Dengan tertutupnya katup buang, tak ada bahan bakar yang terbuang saat terisap ke ruang bakar. Konsumsi BBM jadi hemat dan mesin lebih ramah lingkungan.
    Sedangkan saat ada beban, timing akan maju 30 derajat . Derajat overlapping akan meningkat. Tujuannya untuk membantu mendorong gas buang plus memanaskan campuran bahan bakar dan udara yang masuk. Selain itu, waktu kompresi juga bertambah karena katup masuk juga menutup lebih cepat.

    Efeknya, efisiensi volumetrik jadi lebih baik. Untuk mewujudkannya, ada VVT-i controller pada timing gear di intake camshaft. Alat ini terdiri atas housing (rumah), kemudian di dalamnya ada ruangan oli untuk menggerakkan vane (baling-baling). Baling-baling itu terhubung dengan camshaft. Di dalamnya terdapat dua jalur oli menuju masing-masing ruang oli di dalam rumah VVT-i controller. Dari jalur oli yang berbeda inilah, vane akan mengatur waktu bukaan katup. Posisi advance timing maju didapat dengan mengisi oli ke ruang belakang masing-masing bilah vane. Sehingga vane akan bergerak maju dan posisi timing pun ikut maju 30 derajat.

    Tekanan olinya sendiri disediakan oleh camshaft timing Oli Control Valve yang diatur oleh ECU mesin. Kebalikannya, untuk kondisi retard (mundur), ruang di depan vane akan terisi dan posisi timing mundur. Sedangkan kalau dibutuhkan pada kondisi standar, ada pin yang akan mengunci posisi vane tetap ada di tengah. Sebenarnya masih ada sistem yang lebih canggih, namanya VVTL-i (Variable Valve Timing Lift-Intelligent). Selain memainkan waktu bukaan katup, tingginya pun ikut dibedakan. VTEC Teknologi canggih Variable Valve Timing and Lift Electronic Controlled (VTEC) hasil inovasi Honda ini menampilkan mekanisme berbeda. Perbedaan utamanya adalah pada pergerakan katup masuknya. Pada mesin 16 valve, terdapat masing-masing dua katup masuk dan buang di tiap silinder. VTEC diaplikasikan hanya pada katup masuk.

    Pada katup inilah pengontrolan efisiensi mesin lebih berpengaruh. Asumsinya, proses pembuangan tak memerlukan pembukaan katup variabel sebab semakin lancar gas buang, kerja mesin akan semakin enteng. Pada mesin VTEC, kedua katup masuk tak selalu bergerak bareng. Misalnya, di putaran rendah hanya ada satu klep yang membuka. Bukaannya pun relatif kecil karena karakter camshaft yang menonjok katup ini cocok buat putaran rendah. Kondisi ini dinilai pas untuk mesin. Karena pada putaran rendah tak perlu suplai udara banyak.

    Selain itu, bisa terjadi turbulensi udara untuk membantu mencampur bahan bakar. Mesin jadi irit, efisien, juga ramah lingkungan. Seiring naiknya putaran mesin, kebutuhan suplai udara juga meningkat. Langsung dijawab dengan katup kedua. Bukaannya lebih besar karena nok chamshaft punya karakter derajat lebih tinggi. Asyiknya, katup pertama tadi ikut membuka lebih lebar. Hal ini disebabkan ada pin yang menghubungkan rocker arm dan mendorong pin.

    Otomatis pin tadi akan mengunci kedua rocker arm. Karena rocker arm kedua digerakkan oleh nok camshaft yang berdurasi lebih tinggi, gerakan katup pertama jadi mengikuti. Selain VTEC ada juga i-VTEC (intelligent VTEC) yang juga dilengkapi mekanisme memajukan dan memundurkan pengapian. Tentu hasilnya lebih maksimal untuk meningkatkan efisiensi mesin.

    Anak TKJ suka dunia OTO

    Unit Kontrol Elektronik (ECU)

    Dalam automotif, ECU adalah sebuah singkatan untuk Electronic Control Unit atau Unit kontrol elektronik yang berfungsi untuk melakukan optimasi kerjanya mesin kendaraan, kadang-kadang disebut juga sebagai Unit kontrol mesin.
    Dalam suatu mobil dapat terdapat ditemukan beberapa ECU:

    1. Kontrol injeksi bahan bakar yang berfungsi untuk mengendalikan penggunaan bahan bakar yang diinjeksikan serta besarnya udara kedalam ruang bakar sehingga penggunaan bahan bakar kendaraan paling efisien,
    2. Kontrol waktu pengapian yang berfungsi mengendalikan waktu/timing pengapian yang disesuaikan dengan kecepatan dan medan yang dilalui.
    3. Kontrol waktu katup yang berfungsi mengatur waktu /timing yang paling tepat untuk membuka dan menutup katup pemasukan dan pembuangan

    julian3tkj1

    21 Mar 2012

    AC Mobil dan permasalahannya

    Prinsip kerja mesin pendingin semuanya sama, yg berbeda hanya alat spare-part dan freonnya saja, pada ac mobil menggunakan compressor yg digerakkan dengan sebuah vanbelt melalui putaran mesin. compressor ac mobil menggunakan clutch/kopling untuk menggerakan piston didalam compressor, pipa pengeluarannya berbentuk drat luar dengan tulisan S untuk suction/hisap D untuk discharge/tekan.

    coba anda perhatikan selang karet bernepel dari compressor drat D (discharge/tekan) pasti menuju pada condenser yg berada didepan radiator mobil anda, dari condenser disambungkan pada strainer yg mempunyai sight glass (kaca untuk melihat aliran freon) lalu dari strainer menuju Expansion valve (pengganti pipa kapiler) baru masuk kedalam evaporator dan kembali kepada compressor drat S (suction/hisap).

    evaporator dan condensor pada ac mobil model sekarang terbuat dari almunium, jadi bila terjadi kebocoran anda bisa membeli yg baru atau memilih untuk dilas.
    anda bisa mengelasnya di jalan wr buncit raya dekat kantor imigrasi jakarta selatan, ini anda lakukan bila kebocoran pada evaporator/condenser tidak terlalu banyak bocornya, soalnya biaya las dihitung perlubang.





    hal-hal yg membuat ac mobil anda menjadi tidak dingin

    1. Adanya kebocoran pada selang karet suction atau discharge. bila anda ingin memperbaiki sendiri anda dapat memotong selang karet tepat ditempat yg terjadi kebocoran dengan pisau cutter. masukan 2 buah klem baut yg ukurannya lebih dari selang karet ac mobil anda, lalu masukan pipa ac ukuran 5/8 panjang 10 cm kedalam selang karet yg anda potong tadi lalu kencangkan klem baut untuk menekan pipa 5/8 agar tidak terjadi kebocoran. lakukan vakum dengan mesin vakum kemudian isi freon R134A atau R12, ditoko spare-part ac ada yg menjual freon R134A ukuran 3 ons, belilah 2 botol untuk ac mobil yg tidak doble blower. tapi bila ac mobil anda doble blower belilah 3 atau 4 botol. pentil pengisian freon pada compressor ac mobil sekarang berdrat dalam, tidak seperti comppressor ac mobil R12 berdrat luar yg langsung dapat dipasangkan selang manifold. anda harus membeli alat tambahan agar selang manifold dapat terpasang pada compressor ac mobil R134A.

    2. Tekanan yg dikeluarkan oleh comppressor ac mobil anda sudah lemah, mungkin klep tekan dan klep hisap yg berada dalam comppressor ada yg patah. Kalau compressor tekanannya sudah berkurang, saya sarankan anda menggantinya dengan yg baru.

    3. Evaporator dan condenser tertutup oleh debu atau kotoran. Anda dapat merasakan desiran angin yg keluar dari blower ac mobil anda, bila udara yg keluar tidak beraturan berarti blower ac mobil anda harus dicuci dengan mesin steam.

    4. Extra fan pada condenser tidak dapat berputar. Chek apa ada aliran lstrik 12 volt dc pada kabel yg menuju extra fan.

    5. Evapporator mengalami kebocoran. Untuk mengeceknya memang agak sulit karena anda harus membuka evaporator tersebut.

    6. condenser mengalami kebocoran. Untuk mengeceknya anda siramkan air sabun pada sisi kanan dan kiri condensor tersebut, perhatikan apa ada gelembung udara yg keluar diantara tekukan U nya. Periksa juga sambungan nepel di compressor, strainer, condenser dan di evaporator, ini dilakukan bila freon masih tersisa dalam sistem ac mobil anda.

    7. Chek thermostat apakah dapat menghubungkan aliran listrik. AC mobil menggunakan switch pressure, jadi bila tidak ada tekanan freon dalam sistem ac mobil anda, compressor tak mau hidup walaupun switch ac anda geser keposisi on.

    bihbul.blogspot

    Blazer di Indonesia

    Sebagaimana dituturkan oleh Agriadi Yulianto dari Blazer Indonesia Club, Chevrolet Blazer mulai muncul di Indonesia dengan menggunakan nama Opel Blazer pada tahun 1996, sedangkan nama Opel sendiri sudah digunakan General Motors (GM) sejak tahun 1995.

    Sebenarnya ini merupakan kekeliruan dalam strategi marketing GM karena nama Opel identik dengan sedan kelas menengah, bukan mobil bertenaga besar atau lebih dikenal SUV saat ini. Untung saja prinsipal ini menyadari kekeliruannya, baru pada tanggal 12 september 2002 GM kembali merubah nama Opel Blazer menjadi Chevrolet Blazer.


    Berikut beberapa varian yang sempat beredar di Indonesia:

    Blazer generasi pertama (1996-1998)

    disebut Blazer lampu kotak.
    Hanya ada 3 varian yakni:
    1. Blazer DOHC, mulai diproduksi tahun 1996. Ciri khasnya lampu kotak american style.
    2. Blazer DOHC LT (Luxury Touring), mulai diproduksi tahun 1997. Yang membedakan dengan varian DOHC adalah two tone colour dengan abu-abu tua, ada bullbar, sedangkan di sektor interior jok kulit, wood panel dan tonneau cover
    3. Blazer SLi, mulai diproduksi tahun 1997. Generasi awal Blazer bermesin SOHC, interior sama dengan versi DOHC hanya tanpa cockpit panel dan console box. Eksterior sama spt DOHC hanya tanpa lis body, bumper hitam, dan ciri khususnya headlamp celong (kecil).
    4. Blazer DOHC Z-line limited edition.

    Blazer generasi kedua (1999-2002)
     
    merupakan face lift dari generasi pertama, disebut Blazer lampu sipit, karena headlampnya lebih sipit dibanding versi sebelumnya, dan bertumpuk (atas headlamp, bawah lampu sein).
    Blazer generasi kedua ini juga terdapat 3 varian, yaitu :
    1. Blazer DOHC, interior sama persis dengan generasi awal.
    2. Blazer DOHC LT, interior sama persis dengan generasi awal, sedangkan di sektor ekterior velg sudah polish.
    3. Blazer Montera. Pada Blazer generasi kedua ini terdapat beberapa varian Montera.

    Blazer generasi ketiga(2002-2005)

    diproduksi pertama kali tahun 2002. Blazer generasi ketiga ini juga terdisi 3 varian yaitu :
    1. Blazer DOHC
    2. Blazer DOHC LT
    3. Blazer Montera

    Versi Montera diproduksi lebih awal, yaitu tahun 2002. Pada versi Montera ada perbedaan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu di sektor interior. Interior Montera generasi ketiga ini sudah seperti versi DOHC generasi sebelumnya, kecuali versi Montera LN. Versi DOHC mulai diproduksi tahun 2003, dan versi LT tahun 2004. Blazer generasi ketiga ini biasa disebut brazillian blazer. Blazer generasi ketiga ini terakhir diproduksi tahun 2005, tepatnya di bulan Maret.

    Pada tahun 2004 GM Indonesia memproduksi Montera XR, perbedaannya dengan Montera sebelumnya, interior XR ini sudah seperti LT 2004 atau Chevrolet Blazer CBU 4x4 4300cc tahun 2000 dengan warna beige hanya saja tipe XR tanpa jok kulit. Begitu pula dengan bentuk dashboardnya, sama persis dengan versi LT. Sedangkan untuk tipe DOHC sama seperti generasi sebelumnya.

    Berdasarkan kelasnya tipe-tipe Blazer dimulai dari urutan terbawah :

    1. Montera LN, spesifikasi sama seperti Montera tanpa radio/tape + speaker dan jok tanpa baris ketiga
    2. Montera, spesifikasi eksterior : - tanpa roof rack - bumper depan dan belakang besi (cat hitam) - tanpa wiper belakang - kaca belakang bening tanpa defogger - velg kaleng - tanpa lis body - tanpa fog lamp - tanpa third brake lamp (lampu rem di atas kaca belakang) spesifikasi interior : - door trim minimalis - tanpa console box - tanpa cockpit panel - jok 3 baris bahan fabric - spion tidak electric - bumper belakang polos (rata)
    3. Montera LV, spesifikasi eksterior : sama seperti varian Montera tetapi plus : - bullbar - velg alloy (model varian DOHC) - lis body - third brake lamp spesifikasi interior : sama seperti varian Montera tetapi plus : - console box
    4. Montera LS, spesifikasi eksterior : sama seperti varian Montera LV tetapi plus : - two tone colour spesifikasi interior : sama seperti varian Montera LV tetapi plus : - bahan jok ada kombinasi semi kulitnya
    5. Montera Sport, spesifikasi eksterior : sama seperti Montera tetapi plus : - over fender - lubang udara di kap mesin - roof rack - bumper depan + belakang sewarna body
    6. DOHC, spesifikasi eksterior : - fog lamp - lis body - velg alloy - kaca tinted glass + kaca belakang ada defogger - roof rack - spion electric - bumper belakang ada tekukan spesifikasi interior : - door trim mewah - ada console box - ada cockpit panel (thermometer, tmpt kaca mata, kompas) - jok 2 baris bahan fabric
    7. DOHC LT (luxury touring), spesifikasi eksterior : sama seperti varian DOHC tetapi plus : - bullbar - two tone colour - mulai tahun 2002 sekeliling body ada cladding envoy dan model bullbar lebih 'sopan' spesifikasi interior : sama seperti varian DOHC tetapi plus : - leather seat - ada wood panel (di door trim dan dashboard) - ada luggage cover

    Sumber : http://wikipedia.org
     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews