15 Okt 2012

Tips Merawat Cat Mobil atau Motor anda

Cat pada mobil adalah aspek yang penting karena merupakan daya tarik yang sensualitas, makin terjaga dan mengkilap cat mobil anda mencerminkan kepribadian pemiliknya. Bagi bro and sis terkadang kurang memperhatikan cat mobil, dampaknya mobil terlihat kusam dan kurang enak dipandang.

Cat mobil adalah bagian yang harus mempunyai perawatan ekstra karena, karena kondisi cat mobil sangat berpengaruh sekali terhadap harga mobil juragan, apalagi cat mobil juragan masih orisinal seyogyanya agan merawat dengan baik.

Menjaga cat mobil agar terlihat lebih mengkilap dan menjaganya agar tetap awet serta lebih lama memerlukan waktu dan tenaga serta menjaga kebiasaan dalam menggunakan mobil. baik itu ketika dalam mencuci, membersihkan mobil dan lain-lain.

Dalam beberapa kasus, cat mobil bisa saja beret, busam, tergores dan lain sebagainya disebabkan karena kelalaian sang pemilik mobil dalam menjaga cat mobil sehingga terkadang banyak orang rela membayar mahal untuk mengembalikan cat mobil mereka seperti semula.


Cara merawat mobil agar lebih awet dan terhindar dari berbagai kerusakan dini cat mobil sebetulnya mudah dilakukan bila sang pemilik mengikuti beberapa tips merawat cat mobil berikut ini, yaitu :
  1. Hindari sinar matahari, Sebisa mungkin hindarkan cat mobil dari sinar matahari langsung, Ketika mencuci mobil disarankan pagi hari atau sore hari dikala sinar matahari tidak terlalu menyengat.

  2. Pakaialah pencuci khusus mobil, Hindari pemakain deterjen untuk mencuci mobil dan gunakan pencuci khusus yang diperuntukkan memang untuk cat mobil bukan untuk pencuci piring, pakaian dan lain-lain.

  3. Bila memarkir mobil diluar sebisa mungkin carilah tempat yang teduh atau beratap untuk menghindari terik matahari langsung. Selain itu terhindar juga dari kotoran burung, hujan, dll yang secara langsung.

  4. Apabila terkena kotoran hewan, baik itu burung, kelelawar dan lain-lain. Sesegera mungkin dibersihkan dan dicuci sampai bersih. Jangan menunggu terlalu lama kalau tak ingin kotoran tersebut meresap ke dalam cat mobil dan membuat cat jadi rusak.

  5. Jika harus menggunakan pengkilap Cat, gunakan secara hati-hati, gunakan pengkilap khusus cat yang berbentuk cair saja yang mengandung zat wax…

  6. Jika Mobil anda terkena hujan dan kotor, begitu sampai dirumah langsung dicuci dengan air bersih, bisa juga menggunkan shampo khusus mobil, kalau juragan membiarkan dan menunda sampai keesokan harinya berarti kita membiarkan air hujan dan kotoran masuk ke pori-pori cat mobil juragan.

  7. Cucilah mobil anda secara teratur, bila mobil telah melewati genangan air biasanya akan meninggalkan noda membandel sebaiknya cepat mencucinya. Gunakan sabun cuci khusus mobil yang mengandung cairan melindungi cat mobil, jangan menggunakan deterjen karena bahan kimianya dapat merusak cat mobil.

  8. Hindari busa sabun yang menempel pada body mobil ketika sedang mencuci, karena efeknya akan meninggalkan noda/bercak pada cat mobil.

  9. Untuk proses terakhir selalu gunakan pemoles mobil untuk menjaga kilap cat mobil.
Untuk merawat cat mobil lebih awet tentu tergantung dari seberapa rutin anda membersihkan cat yang ada pada mobil anda. Sehingga paling tidak setiap hari selalu dijaga kebersihan cat mobil. Karena semakin lama membiarkan kotoran atau debu menempel di mobil menjadi salah satu penyebab utama rusaknya cat mobil.

sources:
sudutpandang.info
sayangmobil
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews