3 Agu 2013

Alasan Mengapa Mobil ber-CC Besar Tetap Diminati

Sekalipun kita hidup di jaman serba mahal, tapi kendaraan roda empat ber-CC besar dan relatif boros bahan bakar tetap laris manis di pasaran. Sehingga muncul olok-olok, "mobilnya kebeli bahan bakar cekak  atau ada kemampuan buat beli mobil tapi ga mampu beli bensin" .

Berbagai alasan yang muncul, seperti:
  • Indonesia memeliki medan berbukit (Naik Turun)
  • kondisi jalan relatif ancur-ancuran, hanya sekitar 20% saja jalanan di Indonesia layak dilalui, sekalipun perbaikan jalan suka dilakukan, mungkin karena kualitas bahan atau budget untuk perbaikan/pemeliharaan cenderung banyak menguap. Antara anggaran dengan spek yang tidak sesuai.
  • Banjir. Membutuhkan ground clearance tinggi agar  tidak terendam air banjir.
  • Harga mobil ber-CC besar relatif jatuh, karena image CC besar berbanding lurus dengan borosnya konsumsi bahan bakar.
  • Bisa muat penumpang cukup banyak.
  • Memiliki prestise tersendiri.
  • dan lain-lain (silahkan ditambahkan sendri).

Jika anda termasuk yang bersyahwat untuk memiliki kendaraan sejenis kebo, maka pada artikel ini akan coba mengkomparasi kendaraan-kendaraan yang saya masukan ke wilayah SUV (Sport Utility Vehicles), meskipun jenis SUV tidak selamanya berbentuk kendaraan besar dengan CC besar pula.

Saya coba membandingkan 3 jenis SUV, Honda CRV, Nissan X-TRAIL dan Ford ESCAPE melalui kelemahan dan kelebihannya.


HONDA CRV 2004 - 2005

Kelemahannya
  1. Suspensi keras banget.
  2. AC (Kompresor) sangat lemah dan cepat rusak. durability-nya rendah. bisa dikanibal dengan AC ND untuk honda stream. Boleh Cek ke bengkel2 AC di Radio Dalam Jaksel atau lainnya banyak sekali bengkel mengganti kompresor AC CRV karena lemah dan gampang rusak. utk menggantinya teman2 musti siapin kocek 6-7 juta. cukup mahal kan?.
  3. Kaki-kaki gampang rusak apalagi Shockbreaker yang jadi satu sama per-nya. Soal kaki-kai memang ciri khas mobil-mobil keluaran honda sejak jaman dulu.
  4. karet karet bantalan termasuk Engine Mounting gampang Rusak. dan kalau rusak terasa sekali dimesin maupun diruang dalam kabin.

Kelebihannya
  1. Tarikan lumayan enak
  2. Di isi premium gak masalah
  3. Mesin jarang rewel(mesin oke) kecuali acnya dan karet2, plus kaki2
  4. Bensin lumayan irit 1:9
  5. Harga jual lumayan bagus
  6. Mesin halus suaranya

NISSAN X-TRAIL 2003 - 2005

Kelemahannya
  1. Sparepart lumayan dech dan jarang yang kw2 atau kw3 (emang jual tas)
  2. Tombol knop ac agak jadul dan sulit merubah2 kalau lagi nyupir.
  3. Ban standart kurang kekar dan lebar.
  4. Agak boros dikit ketimbang CRV (namanya aja mesin 2500cc gitu loh)
  5. Bahan tutup ban bagasi licin. Kalau belok2 barang2 bawaan sering bergeser2.

Kelebihannya
  1. Suspensi nyaman banget.
  2. Mesin tangguh kuat (jarang rewel)
  3. Kaki2 kuat dalam segala medan
  4. Model exteriornya kekar
  5. Interior bagus.
  6. Harga jual bagus dan stabil.

FORD ESCAPE 2004 - 2005

Kelemahannya
  1. Waduuuh kalo yang satu ini namanya aja mobil amrik bawa'annya ngelirik terus kalo liat pom bensin.
  2. Mesinnya berisik dan agak bergetar. (boot gearbox lemah dan harga mahal)
  3. Sparepart agak susah dicari terutama didaerah2 bukan kota2 jakarta atau bandung
  4. Purna jual agak turun

Kelebihannya
  1. Supensi paling enak dari semua suv dikelasnya
  2. Interior bagus mewah
  3. Model exteriornya keren oke punya..
  4. Mesin jarang rewel
dalam hal ini saya tidak menyarankan mana yang lebih layak dibeli, karena keputusan ada pada anda.

kompasiana.com
hobbysuv.blogspot.com/

15 Okt 2012

Mau Beli Mobil Bekas, Pahami dulu Mesinnya


Sebelum membeli mobil bekas faktor utama yang perlu dicermati adalah mesin, apalagi mobil yang akan anda bawa pulang berumur lebih dari 5 tahun, sebelum anda membeli mobil bekas sebaiknya anda konsultasi dulu dengan yang ahli mesin, atau pahami hal-hal berikut:

1. Bahan Bakar
Dilihat dari sudut pandang bahan bakar yang dikonsumsi mesin ada 2 jenis mesin yaitu mesin bensin dan mesin diesel (solar), mesin bensin dipastikan deru mesinnya lebih halus karena memang proses ledakan di dapur pacu atau di dalam seker/piston/boring tidak sedasyat mobil diesel, berikut kelemahan dan kelebihannya:

a. Kelemahan Mesin Bensin
  • Konsumsi bahan bakar cenderung lebih boros
  • Mudah terbakar jika terjadi konsleting listrik (arus pendek) apalagi jika terjadi dekat dengan karburator/ sistem injeksi
  • Perawatannya harus lebih intensif apalagi mesin yang masih menggunakan sistem karburator, seperti busi dan karburatornya sendiri
  • Banyak faktor yang membuat mesin bensin tidak nyala
b. Kelemahan Mesin Diesel

  • Bunyi Mesin lebih nyaring
  • ada penyakit masuk angin, jika tangki kosong atau selang/filter solar kotor dan tersumbat, juga bisa diakibatkan selang/filter solar bocor
  • Tarikan Mesin agak lelet
  • Gas buang lebih banyak dan cenderung lebih hitam
  • Suku cadang cenderung lebih mahal
  • Biaya Pajak Lebih Mahal
c. Kelebihan Mesin Bensin
  • Tarikan cenderung lebih kencang
  • Bunyi Mesin lebih halus
  • Harga suku cadang lebih murah
  • Harga oli “Merek sama” lebih murah
d. Kelebihan Mesin Diesel
  • Konsumsi Bahan Bakar lebih irit
  • Perawatan cenderung lebih mudah
  • Saat masih aman memakai bahan bakar bersubsidi
2. Sistem Pengkabutan
Dari udut pandang pengkabutan mesin modern saat ini secara garis besar bisa kita bedakan ada 2 jenis, untuk mesin bensin sebelum tahun 2000-an banyak menggunakan karburator, baru setelah itu banyak produsen mobil beralih ke sistem injeksi, begitu juga untuk jenis mobil Diesel juga menggeluarkan jenis injeksi, secara garis besar kelebihan mesin injeksi penggunaan bahan bakar lebih efisien dan tarikannya mak nyuzzz…. cuma kalau ada kerusakan pada sistem injeksi anda harus membawa ke bangkel resminya dan cenderung lebih mahal…
Nah sekarang jika anda mau membeli mobil bekas perhatikan hal-hal berikut:

  1. Langkah pertama, harus cek nomer mesin dan cocokan dengan STNK dan BPKB, jika cocok perhatikan juga apakan nomer mesin itu masih asli atau tidak, karena belakangan ada sindikat yang bisa merubah nomer mesin, jngan kuatir buatan mereka sangat kentara dilihat dengan mata telanjang.

  2. buka kap mesin cek apakah ada rembesan oli disekitar Mesin, jika ada rembesan oli berarti ada kebocoran oli, perhatikan juga di sisi bawah mesin, mesin harus dalam keadaan bersih tidak ada oli sedikitpun, hindari hal ini karena berisiko besar.

  3. Waspadai Asap putih, baik mesin bensin atau mesin diesel, kalau gas ditarik keluar asap putik berarti ada oli yang ikut dalam pembakaran, ini haram hukumnya…

  4. Perhatikan ujung knalpot, untuk mesin bensin, jika bagian sisi dalam ujung knalpot hitam berarti sistem pembakarannya kurang sempurna, anda bisa memasukkan ujung jari kedalam lubang knalpot dan anda menemukan arang dan hitam, Dan perlu diwaspadai jika di ujung jari anda merasakan licin dan berminyak berarti ada oli dalam pembakaran, walau asap belum putih tetapi anda menemukan oli di ujung jari anda berarti hindari mobil seperti ini…

  5. Buka tutup radiator perhatikan airnya, radiator hanya berisi bahan air, artinya jika airnya berminyak, berarti air dan oli tercampur di dalam mesin, hal ini bisa terjadi karena beberapa hal… tinggalkan mobil seperti ini…

  6. Hidupkan mesin lalu buka tutup radiator, tarik gas dengan RPM tinggi, jika ada air diradiator nyemprot keluar dengan keras berarti mobil ini mengalami overhoul, hal ini disebabkan ada kebocoran udara dari piston melalui silinder kop, dan dipastikan mobil suhu mobil ini sangat tinggi dan lama-kelamaan bisa berakibat fatal.

  7. Hidupkan mesin lalu buka tutup radiator seperti diatas, tarika gas tinggi, perhatikan airnya, jika air tidak bergerak memutar berarti waterpump mesin ini tidak berfungsi dan juga berakibat overhoul…
kiosban.com
sudutpandang.info

Tips Merawat Cat Mobil atau Motor anda

Cat pada mobil adalah aspek yang penting karena merupakan daya tarik yang sensualitas, makin terjaga dan mengkilap cat mobil anda mencerminkan kepribadian pemiliknya. Bagi bro and sis terkadang kurang memperhatikan cat mobil, dampaknya mobil terlihat kusam dan kurang enak dipandang.

Cat mobil adalah bagian yang harus mempunyai perawatan ekstra karena, karena kondisi cat mobil sangat berpengaruh sekali terhadap harga mobil juragan, apalagi cat mobil juragan masih orisinal seyogyanya agan merawat dengan baik.

Menjaga cat mobil agar terlihat lebih mengkilap dan menjaganya agar tetap awet serta lebih lama memerlukan waktu dan tenaga serta menjaga kebiasaan dalam menggunakan mobil. baik itu ketika dalam mencuci, membersihkan mobil dan lain-lain.

Dalam beberapa kasus, cat mobil bisa saja beret, busam, tergores dan lain sebagainya disebabkan karena kelalaian sang pemilik mobil dalam menjaga cat mobil sehingga terkadang banyak orang rela membayar mahal untuk mengembalikan cat mobil mereka seperti semula.


Cara merawat mobil agar lebih awet dan terhindar dari berbagai kerusakan dini cat mobil sebetulnya mudah dilakukan bila sang pemilik mengikuti beberapa tips merawat cat mobil berikut ini, yaitu :
  1. Hindari sinar matahari, Sebisa mungkin hindarkan cat mobil dari sinar matahari langsung, Ketika mencuci mobil disarankan pagi hari atau sore hari dikala sinar matahari tidak terlalu menyengat.

  2. Pakaialah pencuci khusus mobil, Hindari pemakain deterjen untuk mencuci mobil dan gunakan pencuci khusus yang diperuntukkan memang untuk cat mobil bukan untuk pencuci piring, pakaian dan lain-lain.

  3. Bila memarkir mobil diluar sebisa mungkin carilah tempat yang teduh atau beratap untuk menghindari terik matahari langsung. Selain itu terhindar juga dari kotoran burung, hujan, dll yang secara langsung.

  4. Apabila terkena kotoran hewan, baik itu burung, kelelawar dan lain-lain. Sesegera mungkin dibersihkan dan dicuci sampai bersih. Jangan menunggu terlalu lama kalau tak ingin kotoran tersebut meresap ke dalam cat mobil dan membuat cat jadi rusak.

  5. Jika harus menggunakan pengkilap Cat, gunakan secara hati-hati, gunakan pengkilap khusus cat yang berbentuk cair saja yang mengandung zat wax…

  6. Jika Mobil anda terkena hujan dan kotor, begitu sampai dirumah langsung dicuci dengan air bersih, bisa juga menggunkan shampo khusus mobil, kalau juragan membiarkan dan menunda sampai keesokan harinya berarti kita membiarkan air hujan dan kotoran masuk ke pori-pori cat mobil juragan.

  7. Cucilah mobil anda secara teratur, bila mobil telah melewati genangan air biasanya akan meninggalkan noda membandel sebaiknya cepat mencucinya. Gunakan sabun cuci khusus mobil yang mengandung cairan melindungi cat mobil, jangan menggunakan deterjen karena bahan kimianya dapat merusak cat mobil.

  8. Hindari busa sabun yang menempel pada body mobil ketika sedang mencuci, karena efeknya akan meninggalkan noda/bercak pada cat mobil.

  9. Untuk proses terakhir selalu gunakan pemoles mobil untuk menjaga kilap cat mobil.
Untuk merawat cat mobil lebih awet tentu tergantung dari seberapa rutin anda membersihkan cat yang ada pada mobil anda. Sehingga paling tidak setiap hari selalu dijaga kebersihan cat mobil. Karena semakin lama membiarkan kotoran atau debu menempel di mobil menjadi salah satu penyebab utama rusaknya cat mobil.

sources:
sudutpandang.info
sayangmobil

1 Okt 2012

Hati-Hati Fitur Mobil Yang Bisa Membahayakan


Dua anak balita terjebak dalam sebuah mobil yang sedang diparkir di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, 15 Februari lalu. Satu anak bernama Abdul Rizal (3,5) tewas kehabisan udara, temannya, Jaka Saputra (5), ditemukan dalam keadaan kritis.

Terlepas dari masih misteriusnya bagaimana kedua anak tersebut bisa masuk ke dalam mobil yang terkunci, kejadian itu mengingatkan orang bahwa mobil bukanlah mainan yang bisa diperlakukan sembarangan.

Sayangnya, banyak pemilik dan pengguna mobil di Indonesia yang tidak mengenal mobil dan berbagai perlengkapan di dalamnya. Karena itu, jangankan menggunakan perlengkapan dengan benar, bahkan fungsinya pun masih banyak yang belum diketahui.

"Padahal, saat seseorang tidak tahu bagaimana menggunakan sebuah fitur safety dengan benar, fitur itu justru bisa membahayakan," kata Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting.

Dalam kaitannya dengan keselamatan berkendara untuk anak-anak, Jusri mengatakan, banyak perangkat keselamatan mobil yang dapat sangat berbahaya bagi anak-anak, bahkan bisa berakibat fatal.

"Jangan dikira mobil hanya berisiko bahaya saat berjalan, dalam kondisi berhenti pun bisa menimbulkan risiko," tuturnya.

Salah satu perangkat keselamatan yang khusus dibuat untuk melindungi anak kecil dalam mobil adalah kunci anak atau child lock. Pada saat kunci ini diaktifkan, pintu belakang tidak bisa dibuka dari dalam, bahkan dalam keadaan kunci utama tidak terkunci.

Kunci tambahan yang terletak di dinding pintu belakang mobil ini berfungsi mencegah anak kecil membuka pintu saat mobil berjalan. Masalah bisa timbul saat pemilik mobil atau pengemudilupa menon- aktifkan kunci ini saat meninggalkan mobil.

"Kalau masih ada anak di dalam, dia akan terkunci. Sementara anak mungkin tidak terpikir untuk membuka pintu depan," lanjut Jusri yang bergerak di bidang konsultan perilaku mengemudi sejak tahun 1984 ini.

Terkuncinya anak dalam mobil yang berhenti bisa membawa serangkaian risiko, bahkan mengakibatkan kematian pada anak. Mobil yang tertutup rapat pintu dan jendelanya dapat dikatakan menjadi ruang tanpa ventilasi udara.

Selain itu, bila mobil diparkir di bawah sinar matahari, suhu di dalam mobil menjadi sangat panas. "Semua itu membawa dampak fatal pada manusia, terutama anak kecil," ujarnya.

Bahkan, seandainya mesin dan sistem pendingin udara (AC) dalam kondisi menyala, risiko bahaya tetap ada. Bila terjadi kebocoran pada dinding mobil, gas beracun yang keluar dari knalpot akan masuk ke kabin mobil dan berputar-putar tanpa ventilasi.

"Gas CO dan CO>sub<2>res<>res< dari knalpot sifatnya sangat beracun," ungkap Jusri sambil menambahkan, pernah terjadi orang keracunan meski mobil dalam kondisi berjalan dengan AC menyala.

Untuk itu, Jusri menyarankan pemakai mobil yang relatif sudah berumur dan menunjukkan mulai ada kebocoran agar membuka kaca jendela sedikit meski AC dinyalakan. "Bukalah kaca jendela sedikit, selebar satu sentimeter. Ini cukup untuk sirkulasi udara," katanya.

Selain itu, saat melakukan perjalanan panjang, beristirahatlah secara rutin. Saat mobil berhenti, bukalah pintu dan jendela selebar- lebarnya untuk memberi kesempatan pertukaran udara.

"Disarankan setelah tiga jam pertama perjalanan, harus beristirahat. Selain untuk mengembalikan kondisi pengemudi, juga untuk sirkulasi udara," papar Jusri.

Namun, di atas segalanya, Jusri menegaskan, aturan dasar mencegah kecelakaan terhadap anak dalam mobil adalah jangan pernah membiarkan anak berada sendirian di dalam mobil.

"Saya tegaskan, jangan pernah meninggalkan anak sendirian tanpa pengawasan orang dewasa di dalam mobil. Meski untuk waktu singkat, misalnya mengambil uang di ATM atau ke mal,"tandasnya.

Sabuk pengaman

Peranti keselamatan lain dalam mobil yang bisa menimbulkan risiko adalah sabuk pengaman atau sabuk keselamatan. Peranti ini sangat penting dan harus dipakai pengemudi dan penumpang untuk menghindari cedera berat pada saat mobil membentur atau menabrak sesuatu.

Akan tetapi, bila penggunaannya tak benar, alat tersebut dapat membahayakan pemakai, terutama anak-anak. "Sabuk pengaman mobil didesain untuk orang dewasa dengan postur tubuh tertentu. Secara umum, desain sabuk pengaman standar memang tak cocok untuk anak- anak," tutur Jusri.

Ketinggian sabuk pengaman tak sesuai dengan postur anak kecil. Bila dipaksakan, sabuk pengaman akan melintang di leher anak. Jika terjadi benturan, sabuk tersebut justru akan mencekik si anak.

"Oleh sebab itu, anak bertinggi badan di bawah 120 sentimeter harus dilengkapi dengan kursi penopang atau booster seat. Dia harus duduk di kursi belakang," katanya.

Tujuan booster seat , agar posisi duduk anak sama tinggi dengan orang dewasa sehingga sabuk pengaman terpasang pada posisi yang benar dan tak berbahaya. Jusri mengungkapkan aturan 3R saat mengenakan sabuk pengaman, yakni rapat, rata, dan rendah.

"Rapat artinya sabuk terpasang pas di tubuh, jangan terlalu kencang jangan terlalu longgar. Rata maksudnya sabuk jangan dipakai dalam kondisi terlipat-lipat. Sedangkan rendah artinya sabuk harus dipakai di bawah pusar, tepat di pinggul. Kalau sabuk dipakai di atas pusar, dapat membahayakan perut saat terjadi benturan," paparnya.

Jusri juga mengingatkan agar para ibu tidak mengenakan sabuk pengaman bersama anak yang dipangku. "Sangat berbahaya mengenakan sabuk pengaman untuk berdua. Si anak yang dipangku bisa terjepit dan tercekik," lanjutnya.

Dengan segala risiko tersebut, sabuk pengaman adalah peranti keselamatan vital yang wajib dipakai pengendara dan penumpang mobil. "Bahkan ibu hamil pun harus tetap memakai sabuk pengaman!" ucapnya.

kompas
mazda.co.id

Tips Agar Kanvas Kopling Tidak Cepat Habis


Layaknya komponen lain, kanvas kopling juga mempunyai masa pakai. Semakin intens kanvas bekerja, semakin cepat tipis permukaannya. Bila sudah tipis, komponen penting dalam sistem penggerak kendaraan ini memang seharusnya kita ganti segera. Rata-rata, tiap 4 tahun sekali. Meski demikian, banyak pengendara yang harus mengganti kanvas kopling jauh lebih cepat dari yang seharusnya.

Selain masalah kualitas, kesalahan dalam gaya berkendara juga turut berperan disini. Sebagai pengendara, kita bisa sedikit memperpanjang usia kanvas kopling bila memperlakukannya secara tepat. Caranya?

Jangan sering-sering menginjak setengah kopling karena berefek terhadap keausan. Injakan yang nanggung seperti ini menempatkan kanvas kopling pada tingkat gesekan yang sangat keras yang mempercepat pengikisan. Kebiasaan ini masih sering dilakukan para pengendara. Terutama, di jalur padat dan saat menanjak. Mereka berargumentasi, dengan menginjak setengah kopling, maka mesin tidak akan mati. Hal ini lebih banyak menimbulkan kerugian.

Perhatikan saat melepas pedal kopling. Kanvas kopling akan jauh lebih awet apabila ketika melakukan perpindahan transmisi, kita tidak melepaskan pedal kopling secara menghentak. Lepaskan saja dengan perlahan-lahan. Dan yang ketiga, penggunaan gigi transmisi harus sesuai dengan kecepatan kendaraan. Jangan terbiasa menggunakan gigi tinggi bila kecepatan mobil rendah. Kebiasaan ini masih sering dilakukan pengendara. Misalnya, menggunakan gigi 4 pada saat kecepatan kendaraan hanya 20km/jam.

Sebagai bagian dari sistem penggerak kendaraan, kopling beserta kanvasnya menjadi komponen penghubung antara mesin dan penggerak roda. Ia bertugas meneruskan daya yang dihasilkan akibat putaran mesin ke penggerak roda. Sehingga penggerak roda mampu menggerakkan total beban kendaraan. Kanvas kopling akan lebih panjang usianya bila ditempatkan semata-mata sebagai penghubung bukan sebagai penahan beban kendaraan.

risqiario
mazda-indonesia.com

Apa dan Mengapa Mobil bisa Understeer dan Oversteer


Mungkin banyak dari kita yang sering dengar kata-kata "oversteer" dan "understeer". Berikut adalah deskripsi dasar dari apa arti istilah-istilah, dan sedikit teori tentang mengapa mobil bisa sampai oversteer atau understeer.

Gejala Understeer:

Mobil cenderung lurus, walaupun setir sudah dibelokkan. Biasa disebut selip lantaran daya cengkeram depan hilang. Kalau sudah begini—apalagi pengemudi panik—potensi celaka besar karena mobil nyelonong ke luar jalan.

Cara mengatasinya:
  • Segera perlambat laju kendaraan sampai daya cengkeram kembali.
  • Jangan menambah putaran setir atau mengerem.
  • Kurangai menekan pedal gas secara gradual.
  • Kurangi putaran setir.
Gejala Oversteer

Kebalikan dari understeer, ban belakang kehilangan cengkeraman. Akibatnya, bagian buritan mobil bergeser atau melintir. Penyebabnya, paling umum kita melakukan pengereman kala membelok. Saat itu, bobot pindah ke depan sehingga membuat daya cengkeraman ban belakang berkurang. Faktor lain karena memutar setir secara tiba-tiba. Bahayanya, mobil bisa tak terkendali dan menabrak sesuatu dari samping. Sementara itu, bagian samping tidak diproteksi sebaik depan atau belakang.

Cara mengatasinya:
  1. Jangan mengerem.
  2. Jangan memindahkan posisi tangan di setir.
  3. Lakukan counter-steer atau "membalas" setir dengan sigap, tapi tidak berlebihan.
  4. Kurangi tekanan pada pedal gas (untuk mobil berpenggerak roda belakang).
  5. Tambah injakan pedal secukupnya (untuk mobil gerak roda depan).
  6. Arahkan mata ke titik yang hendak dituju
  7. Bersiaplah mengembalikan setir ke posisi semula

sumber
 ericofhadin
google

Perlunya Menjaga Tekanan Angin Ban


Pentingnya menjaga tekanan angin pada Ban hal sepele tapi sering kali lupa...

Salah satu yang harus diperhatikan untuk merawat / memperpanjang usia pakai ban adalah Menjaga ukuran tekanan angin ban.

Disarankan untuk melihat tabel dan kapasitas tekanan angin yang sesuai dapat dilihat pada tulisan yang tertera pada ban. Tidak boleh lebih ataupun kurang.

Akibat kelebihan tekanan angin adalah :
  1. Lebih mudah rusak pada pemakajan jalan yang jelek.
  2. Jangan dikompensasikan karena muatan yang berlebih
  3. Dapat menyebabkan telapak lebih cepat habis/aus,berkurang sekitar 5% – 15%
  4. Dapat merusak casing.

Akibat Kekurangan Tekanan Angin adalah:
  1. Membuat ban menjadi lebih panas,berakibat :
    • Karet tidak lengket ke ply/benang(separation)
    • Casing menjadi rusak sehingga tidak bisa divulkanisir
  2. Membuat ban menjadi lebih panas dengan demikian jarak tempuh menjadi berkurang
  3. Konsumsi bahan bakar lebih boros

Sedangkan Point Penting dalam pemeliharaan Ban Ada 5 hal yang harus diperhatikan :
  1. Tekanan Angin
  2. Ketinggian Kembang/Bunga Ban
  3. Kerusakan Tread-Retak-Retak
  4. Lakukan Rotasi Ban
  5. Penyimpanan yang benar

Demikian sekilas tentang dampak efek kekurangan atau kelebihan tekanan angin terhadap ban.

sumber :
mazda-indonesia
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews